Beranda Infrastruktur IPA Wahau Segera Beroperasi – Diproyeksi Melayani  4.000 KK

IPA Wahau Segera Beroperasi – Diproyeksi Melayani  4.000 KK

159 views
0

Saat Wabup meninjau IPA Wahau.(Vian Humas)

MUARA WAHAU – Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Wahau dengan kapasitas 50 liter per detik di Desa Nehas Liah Bing pada Sabtu,(8/2/2020), ditinjau Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang. 

“Jika IPA ini sudah beroperasi diharapkan warga di Kecamatan Muara Wahau dan Kongbeng sudah bisa menikmati air bersih. Selanjutnya dengan tersedianya air bersih, kualitas kehidupan dan kesehatan masyarakat meningkat,” jelas Kasmidi saat peninjauan.

Kasmidi Bulang mengatakan bahwa Pemkab Kutim terus berkomitmen memenuhi kebutuhan dasar warga seperti air bersih, listrik dan infrastruktur.

Sebelumnya, Direktur PDAM Tirta Tuah Benua menjelaskan, pembangunan IPA Wahau berkapsitas 50 liter per detik ini ditargetkan mampu melayani hingga 4.000 KK.

“Saat ini ada dua proses yang akan dilakukan untuk memenuhi air bersih sampai ke rumah  warga yang pertama uji kebocoran selama 2 kali 24 jam,” jelas Parjan, sapaan akrab Suparjan.

Setelah itu dilanjutkan dengan uji kimiawi laboratorium selama 2 minggu, untuk mengetahui komposisi kimia yang tepat, agar air layak dikomsumsi. Menurutnya jika tak terkendala, paling lambat akhir Maret 2020, IPA Wahau sudah bisa berproduksi. Dia menambahkan saat ini ada 1.459 sambungan langganan yang sudah terpasang. Hingga akhir 2020 semua instalasi ke rumah warga sudah bisa terpasang. 

“Pembangunan IPA ini menggunakan dana murni PDAM 2019 sebesar Rp 4.34 miliar,” sebutnya.

Pemasangan instalasi air bersih memang membutuhkan biaya yang cukup besar. Maka dari itu Suparjan telah mengusulkan ke Dinas PU dan juga Provinsi untuk bisa membantu. Dia berharap ada alokasi anggaran, sehingga masyarakat cepat terlayani. (hms4/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here