Beranda Umum & Ekonomi Bantu Hadapi Pandemi COVID-19 – 275 KK di Sangatta Selatan Terima BLT-DD

Bantu Hadapi Pandemi COVID-19 – 275 KK di Sangatta Selatan Terima BLT-DD

319 views
0

Penyerahan BLT-DD ke masyarakat di BPU Sangatta Selatan. (ist)

SANGATTA – Pemkab Kutai Timur (Kutim) melalui Pemerintah Kecamatan Sangatta Selatan menyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) ke 275 kepala keluarga (KK) yang sudah terverifikasi. Penyerahan BLT dilakukan secara simbolis oleh Wabup Kasmidi Bulang mewakili Bupati Ismunandar didampingi Camat Sangatta Selatan Hasdiah ke perwakilan 15 KK yang hadir, di Gedung BPU Sangatta Selatan, Desa Sangkima, Rabu (20/5/2020).

Jumlah BLT per KK yang bersumber dari Dana Desa (DD) Sanggatta Selatan sebesar Rp 600 ribu. Diberikan untuk 4 desa yang ada di Sangatta Selatan. Yaitu Desa Sangatta Selatan, Sangkima, Teluk Singkama dan Singa Geweh.

Wabup Kasmidi Bulang dalam kesempatan itu mengatakan jika tujuan penyerahan BLT-DD adalah membantu masyarakat kurang mampu terdampak pandemi COVID-19. Guna membantu sendi-sendi ekonomi dan kesehatan warga masyarakat.

“Sasaran penerimanya adalah keluarga miskin yang terdapat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang belum mendapatkan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Penerima Bantuan Sosial Tunai (BST),” katanya.

Ia menjelaskan, penerima BLT-DD se-Sangatta Selatan di 4 desa sebanyak 275 KK. Bantuan akan disalurkan selama tiga bulan, terhitung sejak April sampai Juni 2020. Besaran bantuan per bulan sebesar Rp 600 ribu. Diharapkan melalui bantuan ini, dapat meringankan beban warga. Terutama dalam masa pandemi COVID-19 dan dapat dipergunakan sebaik mungkin dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Sementara itu, Camat Sangatta Selatan Hasdiah menuturkan pemberian BLT-DD ini telah sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 11Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020. Serta Instruksi Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Corona Virus Disease (COVID-19) di Desa melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa. 

Setelah penyerahan simbolis ini, pihak Kecamatan Sangatta Selatan akan langsung menyalurkan BLT-DD secara langsung ke rumah-rumah warga dan tidak mengumpulkan orang banyak sesuai protokol kesehatan saat masa pandemi COVID-19.

“Dengan datang menyerahkan BLT secara langsung ke rumah warga, maka bisa melihat kondisi warga kita dan warga juga tentunya sangat senang bila dikunjungi langsung,” tutupnya. (hms13/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here