Beranda Entertainment BKPAD Kutim Gelar Workshop Akuntansi Keuangan – Teddy Febrian: Jalan Kembali Raih...

BKPAD Kutim Gelar Workshop Akuntansi Keuangan – Teddy Febrian: Jalan Kembali Raih Opini WTP

99 views
0

Workshop Akuntansi Keuangan yang dilaksanakan di Hotel Senyiur, Samarinda.(Wahyu Yuli Artanto Pro Kutim)

SAMARINDA – Seperti diketahui bersama, Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) tahun lalu memberikan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), Pemerintah Kabupaten Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim). Tentunya predikat tersebut menjadi penurunan opini, setelah tahun-tahun sebelumnya tanpa putus selalu memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Untuk mengembalikan opini LKPD Kutim menjadi WTP lagi, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kutim Teddy Febrian mulai melaksanakan langkah strategis.

Salah satunya adalah Workshop Akuntansi Keuangan yang dilaksanakan di Hotel Senyiur, Samarinda, Kamis (11/11/2021). Kegiatan berupa pelatihan ini melibatkan peserta perwakilan dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah  (OPD) lingkup Pemkab Kutim. Seluruh peserta sudah berada di Samarinda dan melakukan registrasi sejak Pukul 13.30 WITA, Rabu, (10/11/2021). Seluruh peserta dan panitia diwajibkan mematuhi standar protokol kesehatan COVID-19.

Kepala BPKAD Kutim Teddy Febrian didampingi Ketua Panitia Muhammad Adnan kepada awak media menjelaskan, workshop kali ini mengambil tema “Optimalisasi Peran SKPD Melalui Entitas Akuntansi dalam Mendukung Raihan Opini Wajar Tanpa Pengecualian Pada Laporan Keuangan Pemerintah Daerah”.

“Kurang lebih pesertanya 130 orang, dibuka secara langsung oleh bapak Bupati Ardiansyah Sulaiman,” jelasnya.

Untuk pengisi materi, lanjut mantan Kepala Bagian Umum Sekertariat Kabupaten ini, menghadirkan narasumber dari Badan Pengawasan Keuangan (BPK) RI wilayah Kalimantan Timur (Kaltim), Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Republik Indonesia wilayah Kalimantan Timur dan Kantor Pelayanan Pajak ( KPP) Pratama Bontang.

“Dibagi menjadi tiga sesi materi yang tujuan utamanya bisa membantu kami (Pemkab Kutim) dalam hal pelaporan dan pengelolaan keuangan secara baik dan sesuai peraturan yang berlaku. Tentunya puncaknya kita bisa kembali meraih WTP,” katanya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Sekertaris Kabupaten Irawansyah serta para Kepala OPD di lingkup Pemkab Kutim.

Penganugerahan Akuntansi Award kepada OPD yang berprestasi dalam hal kecepatan, kelengkapan dan ketepatan penyampaian pelaporan keuangan melengkapi rangkaian kegiatan ini.  (hms8/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here