Beranda Keagamaan Di MTQ Kaltim 2022, Wabup Harap Kutim Masuk Tiga Besar

Di MTQ Kaltim 2022, Wabup Harap Kutim Masuk Tiga Besar

267 views
0

SANGATTA – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang berharap, pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran  (MTQ) tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) di Kota Samarinda pada 2022 mendatang, Kafilah Kutim bisa masuk tiga besar. Hal tersebut, disampaikan Wabup pada pembukaan pelatihan dan assessment calon hakim cabang tilawah MTQ Kabupaten Kutim, di ruang Meranti, Kantor Bupati, Rabu (9/12/2021).

Pada pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Kaltim sebelumnya, Kutim mendapat juara tujuh. Hal itulah yang membuat Wabup meminta Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kutim untuk membina peserta (kafilah) Kutim dengan sungguh-sungguh. 

“Sebab, support (dukungan anggaran) Pemkab Kutim terkait kegiatan MTQ cukup besar,” ucapnya. 

Kasmidi meminta LPTQ Kutim membuat target pada pelaksanaan MTQ tingkat provinsi Kaltim tahun depan. Bukan hanya sekadar menjalankan program. Sehingga memiliki acuan dalam bekerja.

Sebelumnya, Ketua LPTQ Kutim Irawansyah mengatakan assessment ini sebagai upaya untuk melakukan pemetaan potensi. Bertujuan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) LPTQ Kutim. 

“Assessment ini melibatkan hakim nasional untuk menjaga integritas dan siapa yang terpilih. Juga diharapkan kepada yang belum terpilih, jangan berkecil hati. Nanti bisa berkiprah dibidang yang lain. Sesuai dengan potensi yang dimiliki,” sebutnya.

Pada 2021 dan tahun mendatang gelaran MTQ berikutnya akan memasuki periode baru. Khususnya dalam penanganan tertib administrasi karena akan menggunakan teknologi digital.

“Termasuk penghakiman dan penilaiannya sejalan dengan program pemerintah (yaitu) smart city,” ucapnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Siradjuddin, menjelaskan, dewan hakim punya peran yang sangat strategis dalam menghasilkan peserta-peserta MTQ (kafilah) Kabupaten Kutim yang handal. Maka dari itu dirasakan perlu adanya pelatihan dewan hakim. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi kemampuan dewan hakim dalam melakukan penilaian terhadap peserta-peserta MTQ yang akan menjadi duta Kabupaten Kutim. (hms15/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here