Beranda Kutai Timur Jaring Atlet Handal ke Sirkuit Nasional – 59 Atlet Adu Ketangkasan di...

Jaring Atlet Handal ke Sirkuit Nasional – 59 Atlet Adu Ketangkasan di KSPT I FPTI Kaltim

132 views
0

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman saat membuka kegiatan KSPT Pertama FPTI Kaltim. Foto: Irfan/Pro Kutim

SANGATTA – Sebanyak 59 atlet panjat tebing mengikuti Kejuaraan Sirkuit Panjat Tebing (KSPT) Pertama gelaran Federasi Panjat Tebing Indonesia Kaltim (FPTI) di Lapangan Boulder Bukit Pelangi, Sabtu (5/3/2022).

Ada tujuh perwakilan pengurus kabupaten/kota (pengkab/pengkot) FPTI unjuk gigi seperti Balikpapan, Samarinda, Kutim, Kukar, Mahulu, Berau dan Bontang. Minus Penajam Paser Utara (PPU), Paser dan Kubar.

Untuk diketahui, KSPT Pertama ini menjadi ajang seleksi penjaringan atlet handal panjat tebing Benua Etam untuk dipersiapkan menuju event KSPT Nasional se-Indonesia FPTI Pusat pada 23-27 Maret mendatang di Jakarta.

“Pemberitahuan dari FPTI Pusat mendadak, jadi mau tidak mau kita gelar kegiatan ini. Persiapan kita pun sangat mepet, kita hanya punya waktu seminggu. Untuk gelaran pertama ini kita pilih Kutim sebagai tuan rumah,” ucap Ketua Umum FPTI Kaltim Mochammad Misbachul Choir didampingi Sekum Miswan Prima Putra kepada Pro Kutim.

Selanjutnya, ia menegaskan tujuan digelarnya kejuaraan ini tentu tidak lain FPTI sebagai wadah pembinaan atlet dan juga merupakan program bidang prestasi FPTI Kaltim tentunya ingin terus mengasah kemampuan dan mental bertanding atlet Benua Etam.

“Hasilnya atlet panjat kita mampu menunjukkan potensinya, sehingga siap tampil di berbagai event yang lebih besar dan juga untuk memperoleh sistem poin peringkat yang harus dikumpulkan oleh setiap atlet karena jika poinnya rendah otomatis akan degradasi,” ulasnya.

Lebih jauh, pria yang akrab disapa Misbach ini jika nantinya sirkuit keempat adalah digelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII/2022 November mendatang di Berau.

“Nah, poin di Porprov nanti sangat tinggi. Makanya itu menjadi kesempatan emas setiap atlet untuk bisa mendapatkan poin terbaik di Porprov. Rencananya dalam setahun ini, kita akan geber kejuaraan ini sebanyak empat kali dan hasilnya juga menuju persiapan kualifikasi PON dan PON XXI Sumut-Aceh 2024,” tegasnya.

Untuk diketahui, dalam kejuaraan ini akan mempertandingkan beberapa nomor yakni lead perorangan putra-putri, speed perorangan putra-putri, dan perorangan boulder putra-putri. Umur atlet yang berpartisipasi dalam ajang kejuaraan ini kelompok usia paling rendah 14 tahun. Kegiatan ini juga sebelumnya dibuka oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman dengan secara simbolis memberikan tali karmantel dan harnes ke Ketua Bidang Kompetisi FPTI Kaltim Sulhelmi sekaligus presiden juri kegiatan.(Kopi13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here