Beranda Infrastruktur Sandaran Utamakan Infrastruktur Jalan dan Sinyal – Usulkan 120 Program Prioritas di...

Sandaran Utamakan Infrastruktur Jalan dan Sinyal – Usulkan 120 Program Prioritas di Musrenbangcam

120 views
0

Momen penandatanganan berita acara Musrenbangcam. (Wahyu Pro Kutim)

SANGKULIRANG – Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) Sangkulirang, Sandaran dan Kaliorang dimulai Senin (7/3/2022) pagi. Dipusatkan di Gedung BPU Sangkulirang. Turut hadir Pj Seskab Yuriansyah, Asisten Perekonomian Pembangunan Seskab Suroto, Plt Asisten Administrasi Umum Seskab Rizali Hadi dan jajaran pejabat esselon 2 serta 3. Nampak juga Wakil Ketua DPRD Kutim Arfan, Dandim 0909/Kutim Letkol CZi Heru Aprianto, Direktur Utama Perumdam TTB Kutim Suparjan, para kades dan undangan lainnya.

Dalam musrenbancam itu Camat Sandaran Tri Sukadar menyampaikan beberapa item usulan prioritas. Terutama infrastruktur jalan dan sinyal. Tri menyampaikan di kecamatan yang ia pimpin mengusulkan sebanyak 42 usulan SDM, pemerintahaan aparatur dan 42 usulan infrastruktur wilayah serta 36 usulan ekonomi. Jadi total ada sebanyak 120 usulan.

“Saya berharap (Pemkab Kutim) ada intervensi kepada stakeholder, agar bisa berkontribusi dalam pembangunan di Sandaran,” pintanya.

Kemudian, ia berharap Pemkab bisa memberikan fasilitas armada kapal wisata dalam mengikuti even “Sail Sangkulirang”. Dengan rute Sangkulirang hingga Manubar dan mengunjungi wisata di Pulau Birah-Birahan. Dia mengaku, Sandaran sangat membutuhkan sinyal penunjang telkomunikasi. Apalagi sebelumnya pada 3 Maret lalu, perangkat wifi di Kantor Camat diputus sementara oleh kontraktor. Dengan alasan tidak diperpanjang kontrak.¬†

“Semoga bisa segera di normalkan, agar kami bisa komunikasi,” ujarnya. 

Soal kebutuhan listrik melalui excess power, ia berharap pemerintah bisa menekan agar segera direalisasikan. Sebab PT Bumi Mas Agro (BMA) pun sudah siap memyalurkan 900 kv untuk menerangi enam desa di Kecamatan Sandaran. 

Ditempat yang sama, Bupati menanggapi usulan tersebut, ia mengakui di Sandaran sampai saat ini belum ada jalan yang representatif. Oleh karena itu dia mengintruksikan Dinas PU untuk menindak lanjuti jalan yang memang wewenang Pemkab Kutim agar dilanjutkan pembangunannya. 

“Saya mendukung usul Camat Sandaran terkait rencana Sail Sangkulirang. Selain memiliki armada kapal wisata, Sandaran juga harus memiliki pelabuhan, itu penting. Mudah-mudahan terealisasi. Segera koordinasi dengan dinas terkait,” jelasnya. 

Berikutnya soal sinyal, Diskominfo Perstik yang bakal menyelesaikannya. Sedangkan excess power segera diselesaikan. Pemkab Kutim sudah menyurati menteri yang bersangkutan. (kopi7/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here