Beranda Pemerintahan Camat Sangatta Utara Usulkan 3001 Program Untuk 2023

Camat Sangatta Utara Usulkan 3001 Program Untuk 2023

118 views
0

Camat Sangatta Utara. Foto: Ist

SANGATTA- Camat Sangatta Utara Hasdiah, bersemangat menghadapi Musyawarah Pembangunan Kecamatan (Musrembang) tahun ini. Bahkan, Camat menyerap dan mengumpulkan seluruh aspirasi kades dan lurahnya hingga mencapai 3001 usulan program. Usulan dimaksud disampaikan Hasdiah dalam Musrembangcam Sangatta Utara, Sangatta Selatan dan Teluk Pandan yang dilangsungkan di BPU Sangatta Utara Selasa (9/3/2022).

“Tapi usulan program utama atau prioritasnya hanya 60. Karena memang dibatasi sebanyak 15 program dari satu desa,” kata Hasdiah.

Meskipun Sangatta Utara sebagai ibu kota Kabupaten, namun usulan program utamanya masih infrastruktur jalan hingga drainase. Karena masih banyak jalan dan gang yang belum representatif, belum di aspal atau di semenisasi. Karena itu, masih banyak usulannya dari desa-desa terkait perbaikan infrastruktur.

Pembangunan drainase masih dibutuhkan karena merupakan salah satu masalah utama di Sangatta Utara. Sistem aliran air banyak yang belum sepenuhnya tersambung dengan baik. Akibatnya, saat hujan, potensi banjir bisa ditemui di kota.

“Karena itu, kami usulkan agar drainase ini diperbaiki, dibangun yang belum terbangun,” katanya.

Terkait dengan usulan bidang ekonomi, Hasdiah mengakui masih memprioritaskan pada penataan lingkungan pedagang kaki lima (PKL), pasar tumpah yang ada di mana-mana. Apalagi menjelang ramadhan, maka otomatis PKL ini berpotensi mengakibatkan kemacetan. Selain itu program penataan parkir liar. Sebab, disetiap ujung gang terdapat parkiran kendaraan yang pastinya menganggu. Sehingga perlu dilakukan penataan, agar tidak mengakibatkan kemacetan.

Usulan program pembangunan yang jumlahnya mencapai ribuan, menurut Hasdiah disebabkan banyaknya usulan dari desa yang belum terealisasi. Sebagian besar usulan lama yang diperbaharui. Seluruh usulan dimaksud tak disertakan nilai proyeknya, karena Hasdiah menyerahkan sepenuhnya kepada pihak OPD terkait untuk menghitung berapa anggaran yang dibutuhkan.

Meskipun di desa Sangatta Utara mengusulkan pemekaran hingga tiga desa baru, namun karena masih dalam proses, maka ketiga desa persiapan tersebut belum bisa mengusulkan program.

“Kami masih bicara tiga desa dan satu kelurahan di Kecamatan Sangatta Utara, karena pemekaran masih dalam proses,” katanya. (kopi8/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here