Beranda Olahraga Perdana Terjun di Porprov, Ferkushi Kutim Langsung Target Emas

Perdana Terjun di Porprov, Ferkushi Kutim Langsung Target Emas

175 views
0

Dayang Rika selaku Ketua Ferkushi Kutim saat di temui awak media di ruang kerjanya. Foto: Wahyu Yuli Pro Kutim

SANGATTA- Medali emas langsung jadi target utama Federasi Kurash Indonesia (Ferkushi) Kutai Timut (Kutim) pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke VII Kalimantan Timur (Kaltim) yang akan digelar di Berau pada November mendatang. Tentunya hal tersebut menjadi sesuatu yang sedikit mengejutkan, sebab Porprov 2022 ini menjadi kali pertama Ferkushi Kutim berpartisipasi di klasifikasi bela diri.

 “Kami targetkan bisa meraih 2 medali emas. Sedangkan untuk kelas tanding, kami akan mengikuti sebanyak 12 dari 20 nomor laga yang akan diperlombakan,“ Ketua Ferkushi Kutim, Dayang Rika Eka Santi Hana, saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Rabu (25/5/2022).

Optimisme yang sampaikan Dayang selaku ketua cabor bukan tanpa alasan, menurutnya, atlet yang akan berlaga pada Porprov merupakan pemain dari salah satu cabor yang memiliki kemiripan dengan Kurash, yakni Judo. Sehingga secara teknik dan pengalaman tidak akan banyak mengalami kendala saat bertanding.

“Selain itu secara kekuatan tim, kami (Ferkashi Kutim) juga siap untuk bersaing dengan daerah lain,“ jelasnya.

Disinggung soal rencana jelang Porprov, Dayang membeberkan, pihaknya terus melakukan  persiapan secara matang. Terutama untuk para atlet Kurash yang akan berlaga di ajang empat tahunan tersebut. Dengan rutin melaksanakan latihan, walaupun masih secara mandiri. Guna menjaga kondisi fisik agar selalu tetap bugar.

Terakhir, wanita kelahiran 1984 tersebut, meminta dukungan serta doa kepada seluruh masyarakat Kutim agar para atlet yang akan berlaga di Poprov Kaltim bisa memberikan hasil yang maksimal. Serta mampu meraih prestasi yang bisa membanggakan Kabupaten Kutim.

Untuk diketahui, Kurash adalah jenis olahraga bela diri yang memiliki gerakan dasar saling membanting, dengan mengaitkan baju khusus. Gerakan dasar olahraga Kurash ini menyerupai olahraga Gulat dan Judo. Hanya saja dalam Kurash kondisi bantingan berada dalam posisi berdiri pada kaitan atas. Tidak diperkenankan menggunakan kaitan pada kaki. (kopi6/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here