Beranda Pariwisata Batik Khas Kutim Tampil di Beauty Fest Samarinda

Batik Khas Kutim Tampil di Beauty Fest Samarinda

140 views
0
Beauty Fest

SAMARINDA – Kreasi busana batik khas Kutai Timur (Kutim) tampil memukau di ajang Beauty Fest Samarinda, pada Minggu (5/6/2022) malam. Kegiatan yang belangsung 27 Mei – 5 Juni 2022 di Atrium Big Mall Samarinda, dihelat oleh dari Seven Promosindo sukses menarik perhatian. Mengundang banyak pihak termasuk Dinas Pariwisata Kutim yang memperkenalkan batiknya.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Dr Nurullah menyampaikan, timnya memperkenalkan pakaian yang terbuat dari bahan batik khas Kutim untuk ditampilkan dalam ajang tersebut. Didukung pemutaran video tentang batik khas kabupaten “Tuah Bumi Untung Benua” tersebut. Batik yang tampil antara lain Wakaroros, batik Akar Bolo, Kelubut, batik Muhammad Ali yang bercorak daun singkong dan batik bergambar telapak tangan kars.

“Semua kita promosikan di sana, bersama modelnya,” kata Nurullah.

Dia menambahkan, Dispar Kutim juga mengikuti talkshow. Dalam acara itu, ia menyampaikan banyak hal tentang batik khas Kutim. Diantaranya informasi bahwa batik Kutim telah diperkenalkan sampai ke Jakarta mengikuti fashion week pada 2019 lalu. Kemudian di 2022 batik Kutim dipekenalkan kembali di Indonesia fashion week di JCC. Sementara di 2020 dan 2021 tak ada kegiatan akibat pandemi COVID-19.

“Kita juga ada kerja sama dengan desainer dari Surabaya Afif dalam membuat pakaian dari batik khas Kutim,” ucapnya.

Terakhir, ia mengatakan batik yang dipromosikan ini termasuk dalam program ekonomi kreatif. Maka dari itu batik khas Kutim diharapkan dapat dipromosikan pada skala nasional hingga internasional. Sehingga ke depan pembatik pun dapat menjadi sejahtera melalui karya-karyanya. (kopi7/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here