Beranda Kutai Timur Pemkab Kutim Sosialisasikan Peningkatan Partisipasi Perempuan Dalam Bidang Politik

Pemkab Kutim Sosialisasikan Peningkatan Partisipasi Perempuan Dalam Bidang Politik

52 views
0

Momen Wakil Bupati saat membacakan sambutan tertulis Bupati. (Wahyu Yuli Pro Kutim)

SANGATTA-  Kesetaraan gender masih menjadi fenomena hangat untuk diperbincangkan dalam kalangan publik. Khususnya keterlibatan kaum hawa di bidang politik yang hinga kini masih menjadi sebuah tantangan. Sebab faktanya, jumlah keterlibatan perempuan dalam setiap aktivitas publik termasuk dalam kegiatan politik masih amat jauh tertinggal. Apabila disandingkan dengan keterlibatan laki-laki saat ini. Hal itu disampaikan Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wabup H Kasmidi Bulang pada Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Perempuan Dalam Bidang Politik di Ruang Meranti, Kantor Bupati, Kamis (4/8/2022).

“Sosialisasi ini  merupakan kegiatan yang sangat strategis yang diadakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) sebagai upaya  meningkatkan kualitas pemahaman dan pengetahuan serta wawasan tentang bagaimana cara perempuan berpartisipasi di bidang politik,” ujar Ardiansyah.

Dijelaskan, seharusnya perempuan juga bisa menyumbangkan pemikiran, ide-ide segar dan inovasinya. Sehingga dapat mendorong keterlibatan perempuan dalam pemilu yang akan datang, sebagai pemilih maupun peserta. Selain itu untuk mendorong pemenuhan kuota ideal perempuan dalam parlemen yaitu 30 persen. 

“Untuk menjadi wakil rakyat di DPR tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional,” jelasnya di hadapan peserta sosialisasi. Termasuk Ketua TP PKK Kutim Ny Hj Siti Robiah serta undangan lainnya. 

Disisi lain, pengetahuan politik sangat penting. Salah satunya bertujuan untuk menyadarkan masyarakat bahwa mereka punya andil besar menentukan arah bangsa dan negara ke depan. Diharapkan sosialisasi ini mampu meningkatkan kesadaran dan pemahaman kaum perempuan tentang pentingnya pelaksanaan Pemilu Serentak 2024.

Sebelumnya, Kepala Dinas DPPPA Kutim Hj Aisyah melaporkan kepada Wabup, sosialisasi yang akan berlangsung selama satu hari ini, mengundang  seluruh organisasi perempuan. Serta melibatkan unsur mahasiswi yang ada di Kutim. Mengangkat tema “Perempuan Berpolitik Yuk ! Penuhi Kuota 30 persen  di Legialatif Tahun 2024”.

“Menghadirkan tiga narasumber perempuan yang sudah berkiprah dalam dunia politik. Yakni Asti Mazar selaku Wakil Ketua 1 DPRD Kutim,  Aji Mirni Mawarni selaku Anggota DPD RI serta Fitriyani selaku Anggota DPRD Kutim,” ucapnya. (kopi6/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here