Beranda Kutai Timur Wabup Kutim Tutup Perkemahan Gabungan Se-Kaubun – Kasmidi Ingatkan Sekolah Terus Aktifkan...

Wabup Kutim Tutup Perkemahan Gabungan Se-Kaubun – Kasmidi Ingatkan Sekolah Terus Aktifkan Gudep

64 views
0

Teks: Wabup Kutim H Kasmidi Bulang saat menutup Perkemahan Gabungan Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka tingkat SD dan SMP se Kecamatan Kaubun, di Desa Cipta Graha Kaubun, berakhir Minggu (14/8/2022). (Nupiansyah Pro Kutim)

KAUBUN – Kegiatan Perkemahan Gabungan Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka tingkat SD dan SMP se Kecamatan Kaubun, di Desa Cipta Graha Kaubun, berakhir Minggu (14/8/2022). Perkemahan yanh digelar selama tiga hari mulai 12 hingga 14 Agustus 2022 ini ditutup Wabup Kutim H Kasmidi Bulang.

Saat penutupan, Kasmidi mengapresiasi sekolah-sekolah yang mengaktifkan Gugus Depan (Gudep) untuk kegiatan pramuka. Tentunya hal tersebut menjadi referensi Kwartir Daerah (Kwarda) dalam memberikan poin tinggi untuk Pramuka Kutim. Untuk itu Kasmidi yang pernah memimpin Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kutim meminta agar pembinaan kepramukaan terus berjalan. Sebab Pemkab Kutim akan selalu mendukung. Walaupun ada pergantian pengurus Kwarcab. Sesuai Undang-Undang Pramuka Nomor 12 tahun 2010, otomatis di sekolah wajib melaksanakan Gerakan Pramuka.

“Tujuannya adalah supaya generasi penerus dapat terarah. Kalau adik-adik ikut Pramuka, pasti disiplin, menghargai orang tua dan taat beragama. Dari sini mental dibentuk, sehingga dapat terhindar dari hal-hal yang merugikan,” pesan Kasmidi.

Sebagai motivasi, Kasmidi menjelaskan bahwa gerakan pramuka berjenjang sampai ke internasional. Dia menyebut, apabila takbterkendala awal tahun 2023 Kwarcab Kutim akan memberangkatkan adik-adik Pramuka pada Jambore Internasional di Korea.

“Setiap tahun kita akan memberangkatkan (pramuka). Untuk saat ini kita ikut jambore nasional di Cibubur,” sebutnya.

Kegiatan perkemahan di Kaubun ini menjadi wadah untuk menggembleng sehingga meningkatkan motivasi para pramuka. Dengan kata lain kalau saat ini hanya sebatas tingkat kecamatan, maka bukan tidak mungkin dikemudian hari bisa mengikuti kegiatan di tingkat lebih tinggi. Seperti Jambore Nasional atau bahkan Internasional. Tak lupa, ia mengucapkan terima kasih kepada semua orang tua yang telah mendukung anak-anaknya ikut kegiatan kepramukaan. (*/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here