Beranda Infrastruktur DPU Kutim Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur – Fokus Perbaikan Jalan Hingga Pengendalian Banjir

DPU Kutim Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur – Fokus Perbaikan Jalan Hingga Pengendalian Banjir

114 views
0

Pantau : Kadis PU dan Bupati pantau pelaksanaan perbaikan jalan di Batu Ampar beberapa waktu lalu. (Foto Ronall J Warsa Pro Kutim)

SANGATTA – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kutai Timur (Kutim) terus bergerak melaksanakan perintah dari Bupati Ardiansyah Sulaiman dan Wakil Bupati Kasmidi Bulang, untuk menitikberatkan perbaikan infrastruktur jalan. Perihal ini merupakan target utama yang bahkan pendanaannya tidak saja dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2022 tetapi di APBD 2023 mendatang. Mengingat hal ini merupakan upaya untuk dapat membuka dan mempercepat akses masuk maupun keluar Kutim.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kutim Muhammad Muhir menyebut, fokus pemerintah di APBD Perubahan hingga tahun depan adalah perbaikan infrastruktur jalan. Hal ini dilakukan untuk menunjang dan menggerakkan sektor pertanian, perkebunan, perikanan, pariwisata, hingga UMKM, pasca pandemi COVID-19.

“InsyaAllah mulai anggaran perubahan hingga APBD tahun 2023, akan menjadi program prioritas Bupati Ardiansyah Sulaiman. Kegiatan-kegiatan multiyears (tahun jamak, red) untuk tahapan pertama bahkan sudah mulai berjalan. Pelelangan kegiatan untuk multiyears, dilakukan pada bulan September depan,” jelasnya.

Kadis PU Muhammad Muhir (Foto Ronall J Warsa Pro Kutim)

Prioritas selanjutnya ialah pengendalian banjir, terlebih pada beberapa bulan lalu, Kutim sempat lumpuh selama sepekan akibat banjir besar yang melanda. Walau memang pada saat itu, tidak saja di Kutim yang terkena bencana banjir namun beberapa Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur (Kaltim) juga mengalami hal serupa.

“Selain dua prioritas itu, ada pula prioritas lain yakni saluran irigasi, rehab atau perbaikan gedung-gedung yang rusak. Untuk pengendalian banjir khususnya untuk wilayah Sangatta yang diutamakan terlebih dahulu. Sesuai dengan arahan Bupati Ardiansyah Sulaiman untuk mencegah terulangnya banjir di daerah ini,” tegas Muhammad Muhir. (kopi5/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here