Beranda Keagamaan Ribuan Siswa TK dan RA Manasik Haji di Masjid Agung Al Faruq

Ribuan Siswa TK dan RA Manasik Haji di Masjid Agung Al Faruq

891 views
0

Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman saat membuka Acara Manasik Haji Untuk Siswa TK dan RA. Foto: Wahyu Yuli Artanto Pro Kutim

SANGATTA- Halaman Masjid Al Faruq di Komplek Islamic Center, Sangatta di Kawasan Bukit Pelangi, pada Selasa (6/9/2022) pagi nampak berbeda dari biasanya. Ribuan siswa-siswi Taman Kanak-kanak (TK) dan  Raudhatul Alfal (RA) tampak memadati area belakang masjid kebanggaan warga Kutim tersebut.

Ternyata kehadiran para pelajar yang berasal dari dua Kecamatan, yakni Sangatta Utara dan Selatan ini, untuk mengikuti kegiatan pengenalan ritual berhaji, melalui manasik haji. Kegiatan yang digagas oleh Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia Kutai Timur (IGTKI Kutim) ini dibuka langsung oleh Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman.

Pembukaan turut dihadiri Seskab Kutim Rizali Hadi, Bunda Paud Kutim Ny Hj Siti Robiah, beberapa pejabat di lingkup Pemkab Kutim, pengurus IGTKI Kutim. Serta orang tua murid yang hadir untuk menyaksikan buah hatinya memperagakan tahapan-tahapan ibadah haji.

Pada kesempatan itu, Bupati mengatakan, meskipun secara syariat anak-anak belum diberikan beban atau pun kewajiban untuk melaksanakan ibadah haji, namun sebagai orang tua wajib untuk memperkenalkan dan memberikan pemahaman sejak dini, tentang salah satu kewajiban sebagai seorang muslim.

“Memang ini hanya bersifat pengenalan luarnya saja, tujuannya agar mereka memiliki ingatan yang kuat, pada saat nanti mereka melaksanakan rukun Islam yang kelima,” ujarnya.

Di sisi lain, tujuan dibangunnya sarana manasik haji di masjid Al Faruq ini bertujuan sebagai sarana pembekalan kepada calon jamaah haji maupun umrah yang berasal dari Kutim. Selain sebagai sarana edukasi dan pengenalan bagi masyarakat terutama para generasi muda seperti yang dilaksanakan oleh IGTKI saat ini.

“Saya meminta agar Dinas Pendidikan (Disdik) bisa mengagendakan kegiatan seperti ini di tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP), karena ini penting,” kata Bupati.

Hal senada disampaikan oleh Bunda Paud Kutim Ny Hj Siti Robiah. Dirinya mengatakan, kegiatan seperti ini selain penting, juga mampu memberikan pengalaman yang sangat berharga dalam proses pendidikan dan tumbuh kembang anak.

“Terutama PAUD yang memberikan wadah bagi anak-anak agar bisa bertumbuh optimal dan sesuai dengan tahapannya,” ujarnya.

Sebelumnya Ketua IGTKI Kutim Marhaedah dalam laporannya mengatakan, kegiatan manasik haji cilik ini bertujuan untuk mengenalkan konsep serta tata cara secara umum pelaksanaan ibadah Haji sejak dini. Adapun  peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari 45 lembaga TK dan RA di dua kecamatan, yakni Sangatta Utara dan Selatan.

“Dengan jumlah anak yang mengikuti sebanyak 2.274 orang, jumlah guru pendamping sebanyak 39 orang, serta pendamping dari komite 267 orang,“ ujarnya. (kopi6/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini