Beranda Kutai Timur Bupati dan Dandim 0909/KTM Hadiri HUT TNI di Balikpapan – Ikuti Upacara,...

Bupati dan Dandim 0909/KTM Hadiri HUT TNI di Balikpapan – Ikuti Upacara, Saksikan Defile Pasukan dan Jajal Lapangan Tembak

162 views
0

Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman, Komandan Distrik Militer (Kodim) 0909 Sangatta Letkol CZI Heru Aprianto saat mengikuti rangkaian puncak peringatan HUT ke 77 TNI tingkat Kaltim di Makodam VI Mulawarman di Balikpapan. (ist)

BALIKPAPAN- Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) ditandai dengan upacara di Markas Komando Daerah Militer (Makodam) VI Mulawarman di Balikpapan, Rabu (5/10/2022) pagi. Meski dibawah rintik hujan, upacara tetap berlangsung lancar penuh khidmat. Seluruh personel TNI mengikuti upacara dengan seragam kebesarannya masing-masing.

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo. Selain jajaran TNI lingkup Makodam VI Mulawarman, upacara ini juga dihadiri pimpinan TNI lingkup Kaltim, TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) maupun Angkatan Udara (AU). Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto, Gubernur Kaltim H Isran Noor serta beberapa undangan lainnya. Dari Kutim hadir memenuhi undangan yakni Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman, Komandan Distrik Militer (Kodim) 0909 Sangatta Letkol CZI Heru Aprianto.

Selain upacara, Pangdam VI Mulawarman berserta undangan lainnya juga menyaksikan defile pasukan dan kendaraan TNI. Masyarakat sekitar juga turut menyaksikan defile pasukan yang berbaris rapi di Jalan Jenderal Sudirman, Klandasan, Balipapan tepat di depan Makodam VI Mulawarman. Rangkaian kegiatan lainnya yang dilaksanakan pada HUT TNI di Kaltim yaitu pengukuhan Pengurus Mulawarman Shooting Club dan Peresmian Lapangan tembak Pistol Kodam VI Mulawarman. Bahkan Bupati Kutim dan Dandim 0909/KTM juga diberi kesempatan untuk menjajal lapangan tembak tersebut.

Panglima TNI Jnderal Andika Perkasa dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo mengungkapkan, menurut beberapa lembaga survei, TNI telah meraih rating yang tinggi dalam meraih tingkat kepercayaan masyarakat. Diantaranya hasil survei lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) pada 24 Juni 2022, TNI mendapatkan kepercayaan dari publik sebesar 93,2 persen. Sedangkan hasil survei tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga hukum versi Lembaga Survei Indonesia (LSI) tanggal 31 Agustus 2022, TNI mendapatkan kepercayaan masyarakat paling tinggi sebesar 93 persen.

Selanjutnya hasil lembaga survei Centre of Strategic and International Studies (CSIS) pada 27 September 2022 merilis hasil dukungan dan kepuasan kinerja TNI terhadap demokrasi sebesar 93,5 persen. Olehnya itu, lanjutnya, kepercayaan ini perlu dijaga dengan bertindak dan berucap sesuai dengan tugas pokok TNI.

“Saya mengimbau seluruh prajurit dan PNS TNI untuk selalu menjaga kepercayaan masyarakat dengan bertindak dan berucap sesuai dengan tugas pokok TNI,” kata Jenderal bintang empat tersebut.

Selesai mengikuti rangkaian kegiatan, Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman menyampaikan selamat hari jadi untuk TNI yang hari ini genap berusia 77 tahun. Ardiansyah menyebut, selama 77 tahun pengabdiannya, TNI telah memberikan darmabakti kepada masyarakat, bangsa dan negara.

“Seluruhnya dilakukan oleh TNI dengan mental yang kuat, tangguh serta disiplin. Dengan loyalitas, TNI juga setia menjadi garda terdepan menjaga kedaulatan Republik Indonesia,” kata Ardiansyah yang hadir mengenakan setelah jas warna hitam lengkap dengan peci.

Sesuai dengan tema HUT TNI kali ini yaitu “TNI adalah Kita”, TNI yang tidak terbentuk secara tiba-tiba dituntut harus dekat dengan rakyat. TNI harus mengenal dan hidup dengan rakyat. Maka dari itu Ardiansyah berharap seluruh jajaran prajurit TNI selalu bersinergi dengan seluruh elemen bangsa. Demi menjaga keutukan dan kedaulatan NKRI.

Sementara itu Dandim 0909/KTM Letkol CZI Heru Aprianto mengaku bersyukur TNI yang usianya semakin matang mampu terus memberikan sumbangsih terbaik untuk rakyat Indonesia, termasuk di Kutim yang menjadi wilayah kerjanya.

“Bersinergi, saling melengkapi untuk mengisi pembangunan di Kabupaten Kutai Timur. Untuk mewujudkan hal tersebut, TNI tidak bisa berjalan sendiri. Melainkan perlu dukungan seluruh masyarakat dan stakeholder yang ada,” tegas Heru. (kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here