Beranda Entertainment 23 Tahun, Kutim Terus Berbenah Wujudkan Masyarakat Sejahtera

23 Tahun, Kutim Terus Berbenah Wujudkan Masyarakat Sejahtera

60 views
0

Momen Bupati H Ardiansyah Sulaiman, Wakil Bupati Kasmidi Bulang, unsur Forkopimda para pejabat di lingkungan Pemkab Kutim yang turut hadir saat pembukaan Pekan Raya Kutim Expo (PRKE) 2022 di Graha Expo Bukit Pelangi, Selasa (11/10/2022). Foto: Vian Pro Kutim

SANGATTA- Dengan potensi luar biasa yang dimiliki, sangat pantaslah Kutai Timur (Kutim) dijuluki “magic land” atau daerah yang ajaib. Ajaib bukan tentang mistik atau angker, melainkan penegasan sebuah wilayah yang memiliki potensi sangat melimpah. Mulai dari sektor kelautan, alam dan budayanya. Potensi inilah yang terus dibenahi agar bisa bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat Kutim. 

“Pada kesempatan expo kali ini, saya meminta seluruh kecamatan untuk memperkenalkan potensi wilayah masing-masing secara visual atau gambar. Agar masyarakat luas tahu bahwa betapa besar potensi Kutim ini,” ujar Ardiansyah Sulaiman saat pembukaan Pekan Raya Kutim Expo (PRKE) 2022 di Graha Expo Bukit Pelangi, Selasa (11/10/2022) dan akan berlangsung hingga Minggu 16/10/2022).

Di hadapan Wakil Bupati Kasmidi Bulang, unsur Forkopimda para pejabat di lingkungan Pemkab Kutim yang turut hadir saat pembukaan PRKE, Ardiansyah mengajak para pelaku bisnis yang ada di Kutim untuk berpartisipasi mengangkat semua potensi ini. Kesadaran akan kekayaan yang dimiliki ini harus bisa dikelola secara profesional, agar para investor tertarik menanamkan modalnya di Kutim. 

“Jika investasi masuk, tentu akan ada penyerapan tenaga kerja. Ada peningkatan sumber daya manusia, kemudian mampu menggerakkan perekonomian di wilayah kecamatan masing-masing,” jelas Ardiansyah.

Dalam pesannya, Bupati meminta seluruh masyarakat jangan berpangku tangan, namun harus bersinergi dan bekerja keras. Mengembangkan potensi ini sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat. 

Selain itu dia juga mengharapkan para pelaku UMKM memanfaatkan secara maksimal PRKE ini sebagai alat promosi usaha yang dijalankan. Sehingga para pelaku UMKM atau PKL bisa memperoleh informasi atau masukkan dari masyarakat dan pelanggan. Guna peningkatan kualitas layanan dan produk yang ditawarkan selama pameran berlangsung. PRKE ini adalah salah satu bentuk pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

Sebelumnya, Wakil Bupati Kasmidi Bulang sekaligus Ketua Umum Panitia HUT ke 23 Kutim 2022 ini mengatakan, ada berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam peringatan hari jadi ke 23 Kutim tahun ini. Diantaranya lomba mancing, kejuaraan sepakbola Bupati Cup, Kirab Budaya, lomba olahraga tradisional, serta PRKE.

“PRKE diikuti sebanyak 38 OPD, 18 kecamatan,  3 instansi vertikal, 2 instansi perbankan, lima perusahaan tambang, satu dari perusahaan perkebunan dan satu stand paguyuban. Selanjutnya 38 UMKM, 65 stand PKL. Pada malam ini ada launching tenun ikat Kutim di ruang Meranti Kantor Bupati,” jelas Kasmidi.

Ditambahkan olehnya, bahwa Rabu (12/10/2022) besok, akan diadakan upacara peringatan HUT ke 23 Kutim di Halaman Kantor Bupati. Sedangkan pada malam hari ada syukuran di lapangan helipad, Bukit Pelangi, menghadirkan grup band GIGI dari Bandung. Kemudian selama PRKE ini para pengunjung akan dihibur oleh grup band Java Jive juga dari Bandung. (kopi4/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here