Beranda Kutai Timur Pelatihan Peningkatan Keterampilan Warga Jadi Agenda Rutin DPPPA Kutim

Pelatihan Peningkatan Keterampilan Warga Jadi Agenda Rutin DPPPA Kutim

59 views
0

Momen penyerahaan hadiah oleh Wakil Ketua I DPRD Kutim Asti Mazar kepada peserta pelatihan. Foto: Wahyu Efendi Pro Kutim

SANGATTA – Pelatihan peningkatan keterampilan diri garapan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kutim, bekerja sama dengan DPRD Kutim yang berlangsung selama tiga hari mulai Selasa (25/10/2022) – Jumat (28/10/2022) berjalan lancar dan sukses. Pelatihan yang dihelat di Gedung BPU Kantor Camat Sangatta Utara, Jumat (28/10/2022) ditutup oleh Wakil Ketua I DPRD Kutim Asti Mazar dan direncanakan bakal menjadi agenda rutin setiap tahunnya. 

Ditemui awak media usai penutupan kegiatan, Plt Kabid Kualitas Hidup Perempuan, Kualitas Keluarga Data dan Informasi DPPPA Kutim Adji Farmila Rachmi mengucapkan syukur, sebab pelatihan peningkatan keterampilan diri tersebut berjalan lancar dan sukses. Adapun materi yang diberikan sebenarnya bukan hanya menjahit, namun cara menggunakan alat menjahit hingga memanfaatkan kemampuan menjahit dengan mesin jahit. 

“Untuk kepentingan keluarga dan bisa menjadi nilai tambah ekonomi keluarga,” ujarnya. 

Intinya, sambung Adji, ke depan para peserta ini dapat meningkatkan kapasitas dirinya dengan terus berinovasi. Serta berkreasi untuk keluarga dan Kutim. Selain menjahit pelatihan itu dikemas dengan kegiatan fashion show, untuk meningkatkan kepercayaan diri para peserta. Sekaligus memperagakan hasil karya jahitan para peserta selama tiga hari. Dilatih oleh narasumber yang berkompeten. 

“Pelatihan ini jadi agenda rutin di tahun berikutnya, juga bertambah dengan pelatihan make up dan potong rambut,” jelasnya. 

Terakhir, ia menambahkan pelatihan saat ini hanya bisa merangkul lima kecamatan, tetapi di tahun berikutnya bakal diupayakan kecamatan lainnya. Supaya bisa mencakup seluruh kecamatan di Kutim untuk meningkatkan sumber daya manusia. Peserta dari lima kecamatan yakni Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Teluk Pandan, Rantau Pulung dan Bengalon. 

Sementara itu, Wakil Ketua I DPRD Kutim Asti Mazar yang menutup pelatihan tersebut mengutarakan kegiatan ini adalah aspirasi dari semua perempuan yang ada di Kutim, terutama dapilnya. Saat ia reses beberapa waktu lalu banyak kaum perempuan yang meminta untuk diagendakan pelatihan-pelatihan perempuan mandiri. 

“Allhamdulilah hari ini pelatihan keterampilan khusus telah terealisasi. Insyaallah masih banyak pelatihan-pelatihan yang bakal digelar lainnya. Tetapi secara bertahap sampai dengan 2023 mendatang pun sudah saya anggarkan,” jelas Asti di hadapan Sekretaris Camat Sangatta Selatan Jumran Aini, Ketua Forum Puspa Ririn. 

Asti berharap perempuan-perempuan di Kutim dapat mengembangkan keterampilan-keterampilan lainnya dengan fasilitas yang mereka miliki. Kemudian diharapkan usai pelatihan dapat terus menerapkan ilmu yang didapat, menghasilkan karya yang bermanfaat bagi keluarga dan orang lain. 

“Terutama bisa membangkitkan kaum perempuan setelah pandemi COVID-19 ini berakhir. Bangkit ekonomi keluarga, bangkit perekonomian daerah kita,” tegasnya.(kopi7/kopi13/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here