Beranda Kutai Timur Pelayanan HD RSUD Kudungga Terima Pasien – Yuwana: Masih 4 Alat, Perlu...

Pelayanan HD RSUD Kudungga Terima Pasien – Yuwana: Masih 4 Alat, Perlu Minimal 10 Unit

68 views
0

Pasien Hemodialisis yang dirawat di RSUD Kudungga Sangatta. Foto: Istimewa Pro Kutim

SANGATTA- Beberapa waktu terakhir, RSUD Kudungga Sangatta telah membuka pelayanan Hemodialisis (HD). Layanan dimaksud merupakan pelayanan cuci darah. Merupakan tindakan medis dengan menggunakan mesin cuci darah sebagai pengganti ginjal yang rusak dalam penyaringan racun-racun hasil metabolisme dalam tubuh dan sekaligus mengeluarkannya.

Lantas bagaimana operasionalnya hingga saat ini? Direktur RSUD Kudungga dr Yuwana Sri Kurniawati menjelaskan, layanan yang semakin melengkapi rumah sakit milik Pemkab Kutim saat ini lancar beroperasi dan melayani pasien.

“Pelayanan Hemodialisis beroperasi sehari dengan dua shift (dua periode kerja). Setiap shift-nya beroperasi selama 5 jam,” kata Yuwana diwawancara, belum lama ini.

Dalam operasional dua shift tersebut, fasilitas HD sanggup melayani 8 pasien dalam sehari. Dengan jaminan biaya dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan. Selanjutnya mendukung operasional layanan dimaksud, RSUD Kudungga menugaskan beberapa tenaga medis. Terdiri dari 1 DPJP spesialis penyakit dalam, 1 dokter pelaksana serta 3 perawat sertifikasi Hemodialisa.

“Biaya pasien umum adalah Rp 1.298.450 per sekali Hemodialisa,” sebut Yuwana yang sehari-harinya mengenakan hijab.

Dia menerangkan, saat ini jumlah pasien yang memerlukan tindakan HD semakin banyak. Hal itu menjadi alasan pihak RSUD Kudungga Sangatta membuka pelayanan HD hingga dua shift. Dengan waktu pelayanan dua shift itu, Yuwana mengaku masih kurang. Untuk itu ke depan dia berupaya untuk menambah lagi jumlah mesin HD.

“Minimal 10 alat, sekarang ini baru 4 alat (HD),” pungkasnya. (kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here