Beranda Keagamaan 302 Santri TPQ Sangatta Utara Diwisuda, Lahirkan Generasi Qur’ani

302 Santri TPQ Sangatta Utara Diwisuda, Lahirkan Generasi Qur’ani

28 views
0

Wabup Kasmidi dalam momen wisuda santri TPQ Sangatta Utara. Foto: Facebook Kasmidi Bulang for Pro Kutim

SANGATTA – Sebanyak 302 santri Taman Pendidikan Al’Quran (TPQ) se-Sangatta Utara di bawah naungan Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Sangatta Utara telah diwisuda. Proses wisuda santri tersebut disaksikan langsung Wakil Bupati Kutai Timur (Wabup Kutim) Kasmidi Bulang yang berlangsung di Ruang Akasia Gedung Serba Guna (GSG) Bukit Pelangi, Minggu (13/11/2022).

Wabup Kutim Kasmidi Bulang, pada kesempatan itu mengapresiasi para orang tua yang telah mengarahkan anak-anaknya untuk masuk di TPQ dan merupakan momen bersejarah bagi anak-anak santri dan orang tua.

“Ke depan TPQ ini harus bersanding dengan sekolah normal, jadi wajib bagi anak yang muslim untuk masuk ke TPQ terdekat,” pesan orang nomor dua di Pemkab Kutim itu di hadapan Pembina TPQ BKPRMI Kutim Tirah Satriani, Ketua DPK BKPRMI Sangatta Utara Andik Sanyoto, Penasehat BKPRMI Sangatta Utara Kyai Muhammad Muslim, Kepala KUA Sangatta Utara, para ustad/ustadzah dan orang tua santri.

Hal ini, sambung Kasmidi, agar anak-anak di Kutim menjadi generasi qur’ani, taat beragama, menghormati orang yang lebih tua dan berahlak mulia benar-benar tercapai.

Sementara itu, Ketua DPD BKPRMI Kutim Avandi menyampaikan kegiatan wisuda ini untuk memotivasi para santri, bukan berarti setelah wisuda tidak mengaji lagi, akan tetapi jadikan wisuda ini sebagai motivasi untuk lebih giat lagi belajar Al-qur’an.

Selanjutnya disampaikan jumlah santri yang telah diwisuda di tahun 2022 ini berjumlah 2183 santri, termasuk 302 santri di Kecamatan Sangatta Utara yang diwisuda pada hari ini.

“Dari 18 Kecamatan di Kutim, yang sudah melakukan wisuda santrinya sebanyak 10 kecamatan, salah satunya Kecamatan Sangatta Utara ini,” tuturnya.

Acara ini mengusung tema “Menyiapkan Generasi Qur’ani Menyongsong Masa Depan Gemilang”. Dirangkai pula dengan pengumuman sekaligus pemberian hadiah kepada 10 santri terbaik dalam ujian Taslih dan Munaqosah yang dilaksanakan DPK BKPRMI Sangatta Utara pada 30 Oktober 2022 lalu. (Kopi7/Kopi13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here