Beranda Kutai Timur DP3A Kutim Gelar Seminar Parenting Bentuk Karakter Anak

DP3A Kutim Gelar Seminar Parenting Bentuk Karakter Anak

60 views
0

Asisten Pemkesra Seskab Kutim Poniso Suryo Renggono saat membuka Seminar Parenting. Foto: Hasyim/Pro Kutim.

SANGATTA – Sebagai upaya peningkatan kualitas keluarga untuk mewujudkan kesetaraan gender dan hak anak tingkat daerah kabupaten, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kutim menggelar kegiatan Seminar Parenting, Kamis (17/11/2022). Seminar bertema “Pentingnya Pola Pengasuhan Yang Benar Dalam Membentuk Karakter Anak” ini digelar di Ruang Meranti, Kantor Bupati Kutim.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Seskab Kutim Poniso Suryo Renggono mewakili Bupati Kutim saat pembukaan menjelaskan bahwa anak adalah amanah dari Allah Subhannahu wa Ta’ala (SWT) yang perlu dijaga. Tidak hanya keselamatan dan kesehatan secara jasmani, tetapi juga kesehatan secara mental. Mereka merupakan investasi masa depan suatu bangsa. Kualitas negara ditentukan oleh anak bangsa sebagai generasi penerus.

“Penting untuk mendidik anak sesuai dengan zamannya. Karena mereka hidup di zaman yang berbeda dengan orang tua kita dulu. Kepentingan utama untuk tumbuh dan berkembang dalam kehidupan anak harus memperoleh prioritas yang sangat tinggi. Pemenuhan kebutuhan dasar anak tentu saja harus dimulai dari dalam lingkungan keluarga itu sendiri,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa parenting adalah cara pola asuh mendidik anak. Terkait tentang bagaimana orang tua memberikan perlindungan, perawatan dan mengamati perkembangan yang sehat. mendukung kegiatan hingga tumbuh dewasa. Maka dari itu, pengasuhan orang tua berperan paling penting, meskipun anak mengikuti pelajaran sekolah.

“Tujuannya membesarkan anak sampai ia menjadi mandiri, tidak menjadi beban bagi orang lain, bisa memberi manfaat bagi orang tua, orang lain dan menumbuh kembangkan dan mengenali potensinya dari bayi, remaja hingga memasuki dewasa,” tambahnya.

Di akhir sambutannya, ia mengajak seluruh orang tua untuk tidak pernah berhenti belajar. Karena ketidakmampuan orang tua dalam mengasuh anak membuktikan permasalahan perilaku anti sosial anak. Seperti bullying atau perundungan, keterlibatan dalam penyalahgunaan narkoba, kekerasan dan lainnya.

“Saya berharap, pelaksanaan kegiatan ini berjalan sukses. Mari terus belajar menjadi orang tua yang baik. Sehingga mampu bersama mendukung terwujudnya masyarakat Kutim yang berakhlak mulia, berbudaya dan bersatu,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala DP3A Kutim dr Aisyah melaporkan bahwa kegiatan seminar parenting terlaksana berkat kerja sama dengan Perisda (Persatuan Istri Anggota Dewan) Kutim. Dengan tujuan untuk peningkatan kualitas keluarga.

“Banyak kasus yang terjadi pada anak, baik sebagai pelaku maupun sebagai korban. Setelah diteliti permasalahannya dimulai dari keluarga. Oleh karena itulah pada hari ini kita melaksanakan seminar khususnya tentang bagaimana pola asuh terhadap anak yang benar. Sehingga membentuk anak yang berkarakter pada waktu dewasa nanti,” jelasnya.

Selain itu, Ia menambahkan bahwa salah satu tugas dari pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak adalah bagaimana melindungi hak anak. Mulai hak sipil, hak pendidikan, hak kesehatan, hak mendapatkan waktu luang dan hak untuk perlindungan dan pola asuh anak yang benar.

Sekadar diketahui, narasumber seminar parenting adalah Laela Siddiqoh Psikolog dan Iptu Akbar Kaur Bin of Satreskim Polres Kutim. (kopi14/kopi13/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here