Beranda Keagamaan Nuzulul Qur’an di Masjid Agung, Momen Bentuk Generasi Madani dan Bertaqwa

Nuzulul Qur’an di Masjid Agung, Momen Bentuk Generasi Madani dan Bertaqwa

32 views
0

Bupati Ardiansyah Sulaiman saat hadiri peringatan Nuzul Qur’an di Masjid Agung Al Faruq Sangatta. Foto: Adi Sagaria/Pro Kutim

SANGATTA – Peringatan malam Nuzulul Qur’an 1445 Hijriyah/ tahun 2024 Masehi diperingati oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) secara sederhana, di Masjid Agung Al Faruq, Islamic Center, Pusat Perkantoran Pemkab Kutim di Bukit Pelangi Sangatta, Rabu (27/3/2024) malam. Kegiatan syiar Islam tersebut mengangkat tema “Melalui Pesantren Ramadan Membentuk Generasi Madani dan Taqwa Yang Cinta Al Qur’an”.

Dihadiri Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Asisten Pemkesra Seskab Kutim Poniso Suryo Renggono, Asisten Administrasi Umum Seskab Kutim Sudirman Latief, Kadis Pendidikan dan kebudayaan Mulyono, Kadis Dukcapil Jumeah, Kepala Kantor Kemenag Kutim Ahmad Barkati, Dandim 0909/KTM Letkol Inf Ginanjar Wahyutono, Danlanal Kutim Letkol Laut (P) Rudi Iskandar, Wakapolres Kutim Kompol Herman Sopian dan Penceramah Ustaz Muhammad Yasir (Pengajar Sekolah Islam Terpadu Banjarmasin Kalimantan Selatan).

Dalam sambutan singkatnya, Bupati Ardiansyah mengajak kepada
seluruh yang hadir, khususnya anak-anak untuk menyimak dengan baik. Mendengarkan dengan baik tausiah yang disampaikan Ustaz Muhammad Yasir dari SIT Banjarmasin Kalimantan Selatan.

“Mari kita menyimak dengan baik, kita berharap malam Nuzul Qur’an ini, kita senantiasa mendapat keberkahan, mendapat pahala dan mendapat petunjuk dari Allah SWT,” kata Bupati Ardiansyah Sulaiman dengan singkat.

Sementara Ustaz Muhammad Yasir dalam tausiyahnya menyampaikan bahwa Al Qur’an sebagai pemberi pentunjuk ke jalan yang benar, wajib diikuti dan dilaksanakan oleh semua umat Islam. Menurutnya ada tida keutamaan Al Qur’an yakni pertama sebagai petunjuk, kedua Al Qur ‘an sebagai pembeda mana yang baik dan mana yang salah dan ketiga Al Qur’an adalah petunjuk untuk umat Islam semua.

“Jadi apabila kita bersalah maka Al Qur’an bisa meluruskan. InsyaAllah dengan kita belajar Al Qur’an mengamalkan Al Qur’an Insyah Allah semua urusan akan dimudahkan”kata Muhammad Yasir sambal menyebut sabda Allah yang artinya sebaik-baik orang adalah orang yang mau belajar Al Qur’an dan mau mengajarkan kepada orang lain.

Lebih lanjut, ia menyampaikan pesan kepada anak-anak peserta kegiatan Pesantren Ramadan sebagai generasi Qur’ani untuk selalu istiqomah dan selalu belajar Al Qur’an.

“Karena generasi Qur’ani yang saat ini akan menjadi penerus bangsa dan melanjutkan kepemimpinan dalam pembangunan bangsa dan negara,” tambahnya.

Diakhir acara, sebelum dilaksanakan salat tarawih dan witir, Bupati Ardiansyah Sulaiman kembali menyantuni puluhan anak-anak peserta Pesantren Kilat dari berbagai sekolah dan anak yatim piatu. (kopi8/kopi14/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini