Beranda Kutai Timur Bupati Berharap Hongshi Holding Bermanfaat Bagi Masyarakat – Serta Dukung Pengembangan KEK...

Bupati Berharap Hongshi Holding Bermanfaat Bagi Masyarakat – Serta Dukung Pengembangan KEK MBTK

61 views
0

Bupati Kutim H Ismunandar saat diruang rapat Kantor Gubernur Kaltim.(Foto: Fuji Humas).

SAMARINDA- Bupati Kutim H Ismunandar berharap keberadaan Hongshi Holding dari Provinsi Zhejiang, China bekerjasama dengan Kobexindo yang akan berinvestasi membangun pabrik semen di Sekerat, Kecamatan Bengalon, dapat memberi manfaat kepada masyarakat. Terutama dalam penyerapan tenaga kerja lokal sebagai karyawan perusahaan. Dengan tetap memperhatikan aspek penataan dan pelestarian lingkungan. 

“Saya berharap, adanya perusahaan dapat menambah pertumbuhan ekonomi di pesisir Kutim,” harap Ismu, sapaan karib Ismunandar usai mengikuti presentasi rencana investasi pabrik semen dari Hongshi Holding, Jumat (15/3/2019).

Diruang rapat Kantor Gubernur Kaltim, Ismu juga berharap industri semen ini nantinya dapat mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Maloy Batuta Trans Kalimantan (KEK MBTK) yang dilintasi Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) 2.

Kendati perizinan operasional perusahaan sudah ada sejak lama, namun Ismu mengaku tetap memperhatikan aspek pemberdayaan dan pembinaan naker lokal serta lingkungan. Berkaitan hal itu maka dia meminta agar pihak perusahaan untuk melatih pemuda Kutim menjadi naker ahli.

“Pemuda di Kutim bisa dilatih sebelum diterima kerja, bukan yang sudah terlatih yang diterima. Sebagaimana metode yang saya dilakukan saat menjadi Asisten Ekonomi Pembangunan. Yaitu bekerjasama dengan perusahaan yang mendesain pola pendidikan putra putri Kutim untuk belajar soal perkebunan ke Malaysia dan negara lain. Sehingga saat ini sudah menjadi mandor (tenaga kerja) handal diperusahaan kelapa sawit,” jelasnya mencontohkan.

Selanjutnya terkait dengan komitmen CSR, Bupati berharap sebelum perusahaan beroperasi, sudah melakukan penataan kawasan terlebih dahulu. seperti kawasan pariwisata dan daerah disekitarnya. Agar pada saat beeoperasi, kawasan disekitar perusahaan sudah lebih dulu berkembang. (hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here