Beranda Sosial & Kesehatan Akreditasi Kali Pertama, RSUD Sangkulirang Langsung Madya

Akreditasi Kali Pertama, RSUD Sangkulirang Langsung Madya

146 views
0

Bupati Kutai Timur H Ismunandar saat mengujungi RSUD Sangkulirang pada kegiatan operasi Katarak atau Bupati H Ismunandar  saat meresmikan RSUD Sangkulirang. ( Foto: Humas Pemkab)

SANGATTA – Berkat kerja keras dan demi peningkatan mutu pelayanan yang dilakukann RSUD Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur.  Akhirnya rumah sakit milik pemerintah yang berada diwilayah pesisir ini dinyatakan lulus Standar  Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS). Kabar baik ini dihimpun langsung via website http://akreditasi.kars.or.id.

Predikat bintang tiga atau madya, merupakan untuk pertamakalinya diraih dalam penilaian tim surveior akreditasi di RSUD Sangkulirang yang berlangsung sejak 25-27 Juni 2019.

Sebelumnya untuk pertama kali sejak beroperasi kisaran 2016 lalu, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sangkulirang yang kini bersatuts tipe D, mengikuti penilaian akreditasi rumah sakit tersebut.

Kriteria yang dinilai untuk akreditasi RSUD Sangkulirang antara lain akses ke rumah sakit, asesmen pasien, pelayanan asuhan pasien, pelayanan anestesi dan bedah, dan program nasional. Berikutnya saran keselamatan pasien, manajemen komunikasi, pencegahan dan pengendalian, serta manajemen informasi. Selain itu, ditambah pelayanan kefarmasian, peningkatan mutu dan keselamatan, tata kelola rumah sakit, manajemen fasilitas dan kesehatan, serta standar kompetensi dan kewenangan.

Direktur RSUD Sangkulirang dr Said Muchdar mengatakan, tentunya capaian ini adalah buah dari komitmen bersama selama ini dalam melakukan perbaikan pelayanan di RSUD Sangkulirang. Keberhasilan tersebut juga tak lepas dari support yang diberikan Pemkab Kutim banyak memberikan dukungan dan motivasi.

“Hasil akreditasi ini adalah proses awal dalam upaya meningkatkan perubahan dan pembaruan meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskanya, sertifikasi akreditasi madya yang diperoleh RSUD Sangkulirang,tidak serta merta membuat pihaknya berpuas diri dalam meningkatkan mutu pelayanan.

“Tentunya hal ini meningkatkan semangat kami dan semua pihak untuk menghadirkan pelayanan yang profesional di RSUD Sangkulirang,” ujar Muchdar. (hms10)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here