Beranda Humas Kutim Stan Karangan Tampilkan Miniatur Karst

Stan Karangan Tampilkan Miniatur Karst

173 views
0

EKSOTIK: Stan Karangan yang menampilkan miniatur stalaktit dalam pameran UKM HUT HKG PKK ke 47 beberapa waktu lalu. (Foto: Irfan Humas)

SANGATTA-Rangkaian Puncak Peringatan Hari Gerak Kesatuan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke-47, Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBRGM) ke-16, dan gelar Teknologi Tepat Guna ke-16 yang dipusatkan di depan Halaman Gedung Graha Expo, Bukit Pelangi, Kamis (27/6/2019) memang baru saja berlalu. Namun euforianya masih terasa.

Salah satunya melihat pameran UKM 18 Kecamatan yang berdiri di area indoor. Stan milik Kecamatan Karangan tampil beda menampilkan miniatur kayu “Stalaktit” yaitu sejenis mineral sekunder (speleothem) yang menggantung di langit-langit gua kapur. 

Menurut Camat Karangan Madnuh pihak pemerintah kecamatan tengah menggenjot promosi wisata karst di Karangan. Salah satunya keberadaan Goa Mengkuris di Desa Batu Lepoq pasanya di dalam goa ini terdapat lukisan cadas atau telapak tangan berusia sekitar 50 ribu tahun.

“Hal ini yang memotivasi kami membuat miniatur ini di stan Karangan. Pengunjung bisa melihat keberadaa goa prasejarah ini lewat gambaran eksotis karst. Ini kesempatan pengunjung bisa melihat lebih dekat, walaupun belum berkunjung ke Karangan artinya sudah ada informasi tentang keberadaa Goa Mengkuris,” tuturnya.

Madnuh berharap seluruh masyarakat Kutim bisa datang ke Karangan. Pihaknya bersama Lembaga Pertahanan Adat Dayak Basaf (LPADB) dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) juga sudah berkerasi meningkatkan sejumlah infratruktur jalan menuju goa, ada juga gezebo peristirahatan buat pengunjung, dan WC umum.

“Sesuai arahan Bupati Ismunandar, terus mengembangkan potensi destinasi goa Mangkuris ini lewat promosi yang lebih massif. Tidak hanya itu mengelola dan mengembangkan wisata karst dengan tetap menjaga kelestarian cagar budaya ini bisa masuk ke pendapatan  warga sekitar dan turut meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD),” tutupnya. (hms13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here