Beranda Social Resmi ALPKB Datasemen Remaong Kutai Dikukuhkan – Bupati : Jaga Kesantunan Dan...

Resmi ALPKB Datasemen Remaong Kutai Dikukuhkan – Bupati : Jaga Kesantunan Dan Adab

225 views
0

Bupati Kutai Timur Ir H Ismunandar MT yang bergelar Pangeran Surya Praja memberikan sambutan.(Foto: Jani Humas)

SANGATTA – Pengukuhan Datasemen Remaong Koetai (DRK) Kesultanan Kutai Ing Martadipura dan Aliansi Laskar Pemuda Kutai Bersatu (ALPKB) digelar di Gedung Serba Guna (GSG) Komplek Perkantoran Bukit Pelangi pada Senin (26/8) siang. Dihadiri langsung oleh Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Drs Adji Mohammad Arifin M Si serta kerabat kerajaan, Bupati Kutai Timur Ir H Ismunandar MT yang bergelar Pangeran Surya Praja, Anggota DPRD Kutim Hj Encek UR Firgasih SH Map, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), Tokoh pemuda, masyarakat dan agama.

Kegiatan diawali dengan pembacaan ikrar abdi suaka oleh panglima Datasemen Remaong Kutai Ing Martadipura, pembacaan mandat kesultanan serta tepong tawar. Dilanjutkan pelaksanaan pengukuhan Aliansi Laskar Pemuda Kutai Bersatu (ALPKB) dan Datasemen Remaong Kutai Kartanegara Ing Martadipura (DRK) yang diketuai Alit Supriono bergelar Panglima Singa Raja.

Dalam kesempatan tersebut, Ismunandar mengatakan bahwa ini merupakan momen terpenting serta sangat bersejarah, karena bagaimanapun tidak bisa melupakan sejarah. Secara administrasi wilayah kerajaan Kutai sampai ke Kabupaten Berau.

“Jika kita lihat bahwa di Sangkulirang juga terdapat seni tingkilan budaya Kutai, itu berarti batas wilayah Kerajaan Kutai itu sampai antara Sangkulirang dan Berau. Fakta sejarah peninggalan seni budaya juga ada di Sangkulirang. Syukur alhamdulilah DRK juga tidak hanya dari kecamatan-kecamatan yang ada di Kutim, tetapi juga ada beberapa daerah yang ada di Kalimantan Timur,” ujar Ismu sapaan akrab Bupati Kutim.

Kendati demikian, Ismu mengatakan bahwa berdasarkan sejarah yang dia ketahui bahwa di Kutim ini yang ada hanya kerajaan Kutai saja. Menurut Ismu, mengakui hanya kerajaan Kutai Kartanegara Ing Martadipura saja untuk di Kutim.

“Menjaga adat, menjaga adab, menjaga sopan santun ini yang harus kita jaga, karena selama ini tanah Kutai selalu terbuka untuk semua. Akan tetapi dengan mandat yang telah disampaikan Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura harus menjadi tugas DRK untuk menjaga kesantunan, menjaga adab, paling tidak untuk menjaga suasana Kutai Timur semakin harmonis dan unggul,” harapnya.

Sementara itu, Sultan Kutai ke-XXI Adji Mohammad Arifin alias Prabu Anum Surya Adiningrat menyampaikan bahwa Datasemen Remaong Kutai, adalah lembaga resmi yang masuk dalam ranah Kesultanan. Dimana seluruh anggotanya telah mengucapkan Ikrar Abdi Suaka atau dengan kata lain, DRK telah masuk dalam perlindungan Kesultanan Kutai Ing Martadipura.

“Panglima DRK Alit Supriono merupakan kepanjangan tangan dari Kesultanan, untuk menjalankan titah (perintah raja). Dalam rangka menjaga adat istiadat, seni budaya, serta marwah Kesultanan. Selain itu DRK juga dapat melakukan pengawasan atau pergerakan terhadap lembaga atau ormas yang mengatasnamakan pihak Kesultanan,” jelasnya.

Tak lupa Sultan mengajak seluruh tamu undangan untuk memuliakan Baginda Besar Nabi Muhammad SAW, yang telah membimbing seluruh umat Islam dalam menjalankan kehidupan di dunia dan syafaat-Nya di akhirat kelak. Ia juga sampaikan merasa tersanjung dalam kegiatan yang berlangsung di Kutim, mengingat ada penghargaan besar oleh Pemkab Kutim dan seluruh masyarakat atas jalannya pengembangan adat istiadat di wilayah ini.(hms7)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here