Beranda Kutai Timur Stiper Luluskan 129 Sarjana – Jadi Kebanggaan 60 Persen Kelahiran Kutim

Stiper Luluskan 129 Sarjana – Jadi Kebanggaan 60 Persen Kelahiran Kutim

71 views
0

Bupati Kutim H Ismunandar menghadiri dan mengucapkan selamat kepada para wisudawan saat prosesi wisuda sarjana STIPER Kutim di Gedung Serba Guna (GSG) Bukit Pelangi, Sangatta Utara, Selasa (3/9/2019).(Foto: Jani Humas)

SANGATTA – Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (Stiper) Kutai Timur (Kutim) kembali mewisuda 129 mahasiswanya menjadi sarjana, Selasa (3/9/2019). Prosesi wisuda angkatan XIV tahun 2019 ini digelar di Gedung Serba Guna (GSG), kawasan Bukit Pelangi, Sangatta Utara.

Prosesi wisuda itu dihadiri Bupati Kutim H Ismunandar, Plt Kadisdik Roma Malau, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), sejumlah camat, beberap pejabat dilingkup Pemkab dan pihak manajemen perusahaan, mahasiswa Stiper serta keluarga para wisudawan.

Dari yang diwisuda itu, terdiri 36  wisudawan dan wisudawati dari Program Studi (prodi) Agroteknologi, 21 Teknik Pertanian, 30 Prodi Kehutanan, 8 Prodi Ilmu Kelautan, 6 Prodi Ilmu Perternakan dan 25 Konsentrasi Agribisnis dari Prodi Agroteknologi dan 3 Konsentrasi Budidaya perairan dari Prodi Kelautan.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Kutim H Ismunandar menyampaikan selamat kepada para sarjana dan civitas akdemik yang telah mendidik mahasiswanya hingga meraih gelar sarjana. Khususnya para orang tua yang telah mengantarkan putra putrinya menjadi sarjana serta memberikan kepercayan penuh untuk bejalar di Stiper.

“Begitu saya lihat para kelulusan ternyata sebanyak 60 persen kelahiran Kutim, 40 persen dari luar Kutim. Ini menunjukan bahwa Stiper sudah dipercaya oleh masyarakat Kutim, tentu merupakan  kebanggaan kita semua,” tutur Ismu yang saat itu hadir mengenakan jas hitam dan peci dikepala.

Dirinya menilai, Stiper Kutim saat ini sudah mampu bersaing dengan kampus lainnya dan melahirkan SDM yang handal. Hal ini dibuktikan banyaknya alumni yang sudah diterima bekerja di pemerintahan, swasta maupun perusahaan perkebunan di Kutim.

“Ada yang sudah menata karir lulus menjadi ASN. Bahkan ada yang menjadi anggota legislatif. Inilah yang saya harapkan kedepan bahwa kita bangga dengan Stiper Kutim,” kata Ismu dihadapan wisudawan dan wisudawati saat itu.

Sebagai bentuk apresiasi kepada lulusan terbaik, Ismu kembali mengusulkan pemberian beasiswa untuk kuliah ke jenjang pendidikan Strata (S2).

“Dengan syarat S2nya harus linier. Seperti tadi lulusan Argoteknologi Pertanian harus linear jangan malah gelarnya MM. Jadinya tidak nyambung,” tegas Ismu.

Sebelumnya, Ketua Stiper Kutim Prof DR Ir Juraemi MSi memaparkan,  Stiper Kutim memiliki 5 program studi dan 2 konsentrasi yang bakal menjadi program studi. Yakni Konsentrasi Agribisnis dan Budidaya Perairan.

“Tahun ini Konsentrasi Agribisnis kita ajukan menjadi program studi. Tinggal kelengkapan persyaratan jumlah dosen. Bulan November ini kita akan ajukan,” terang Juraemi.

Dipaparkan Juraemi, Stiper saat ini didukung 8 unit kerja, yakni lembaga penelitian dan pengambdian masyarakat, perpustakaan pusat, labolatorium ilmu dasar, hutan pendidikan dikecamatan karangan, kebun percobaan, pusat data dan informasi, lembaga sistem penjamin mutu internal dan jurnal pertanian terpadu. Didukung SDM yang memadai, yakni sebanyak 52 orang dosen tetap dan 19 dosen tidak tetap serta didukung 8 orang doctor (S3) yang sudah memenuhi kualifikasi.

“Sampai saat ini alumni Stiper Kutim berjumlah 925 orang tersebar di pemerintahan, perkebunan, swasta, perusahaan. Bahkan anggotan dewan ada 4 orang. Saat ini kami juga terus berupaya memperjuangkan akreditasi Prodi dan institusi,” terang Juraemi.

Acara tersebut juga dirangkai dengan penandanganan MoU Stiper Kutim dengan beberapa perusahaan. Diantarantya PT KPC, Bank mandiri Syariah, PT Kemilau Indah Nusantara, Teladan Prima Grub. (hms10)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here