Beranda Kutai Timur Walau Intrusi, Air Bersih IPA Kabo Masih Aman

Walau Intrusi, Air Bersih IPA Kabo Masih Aman

301 views
0

Plt Dirut PDAM Tirta Tuah Benua Suparjan (Foto: Irfan Humas)

SANGATTA-Pelaksana Tugas (Plt) Dirut Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirta Tuah Benua (T2B) Kutai Timur (Kutim) Suparjan menegaskan jika pasokan produksi air bersih dari IPA Kabo masih relatif aman. Sebelumnya warga di Sangatta Selatan mengeluhkan terjadinya intrusi air laut di Sungai Sangatta dampak dari musim kemarau.

“Pelanggan khususnya yang ada di Sangatta Selatan tak perlu risau pasalnya posisi IPA Kabo berada 6 meter di atas permukaan laut. Otomatis jika air laut naik sampai 6 meter masih stabil karena posisinya sama, kecuali di atas 6 meter,” terang Suparjan saat berbincang dengan pengurus PWI Kutim di RM Adinda, Selasa (3/9/2019).

Dalam kegiatan silaturahmi bersama PWI Kutim itupun, Suparjan turut didampingi
Kabag Umum – Agus Sugianto, Kabag Produksi – Rudiansyah, Kabag Keuangan – Muhammad Jais dan Kasubag Humas dan Protokol Noor Hadi Saputra. Suparjan kembali menginformasikan adanya intrusi memang sempat mengancam pasokan air bersih di IPA Kabo Jaya yang hanya tinggal berjarak berkisar sekitar 4 Kilometer, namun karena posisinya tinggi tetap aman.

“Meski terjadi intrusi air laut di Sungai Sangatta akan sulit sampai ke IPA Kabo dalam pertemuan maka akan dipasang bedung karet untuk menahan intrusi air laut sampai ke IPA Kabo Jaya,” ungkapnya.

Ia  menambahkan,  intrusi air laut yang terjadi di Sungai Sangatta, tidak terus terjadi sepanjang hari, namun intrusi air laut itu juga mengikuti pasang surutnya air laut setiap per 6 jam dalam sehari sehingga keberadaan IPA Kabo  sulit untuk di jangkau intrusi air laut, terkecuali terjadi musim kemarau panjang yang memang ekstrem.

“IPA Kabo aman dari intrusi, dan pastinya semua pasokan air bersih terjamin karena ada IPA Kudungga,” tutupnya. (hms13)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini