Beranda Celebrity News Lebih Mengenal Letkol CZI Pabate – Sempat Duduki Belasan Jabatan, Sebelum Dandim...

Lebih Mengenal Letkol CZI Pabate – Sempat Duduki Belasan Jabatan, Sebelum Dandim 0909/SGT

488 views
0

Komandan Komando Distrik Militer 0909/Sangatta, Letkol CZI Pabate.(Foto: Wahyu Humas)

SANGATTA- Sejak akhir Agustus 2019 lalu Letkol CZI Pabate resmi menjadi pimpinan tertinggi di Kodim 0909 Sangatta. Meski sudah beberapa bulan menjabat, mungkin belum semua mengenal sosok Pabate. Sesuai biodatanya, Pabate tercatat lahir di Rantepao, Toraja Utara, pada 12 Mei 1977. Pria yang memeluk agama Kristen ini mengawali karir militernya dengan pangkat Letda.

Dalam perjalanan hidupnya, Pabate pernah menempuh pendidikan SD dan SMP di Pundoh. Sedangkan SMA di Rante Pangli. Usai SMA, melanjutkan pendidikan ke Poltek Ujung Pandang yakni 1999. Setelah itu melanjutkan ke Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Univeritas Jayabaya pada tahun 2012. Terakhir menempuh pendidikan Pasca Sarjana di Fakultas Sosial Politik, Universitas Padjajaran dan lulus dengan predikat Cumlaude. Mempersunting wanita jelita bernama Anastasia Kristiani, Pabate dikaruniai 3 putra.

Sebagai seorang prajurit TNI-AD, Pabate pernah bertugas dalam Operasi Tanggap Darurat Aceh pada 2004. Tugas internasional juga pernah dijalani olehnya pada 2008 lalu saat bertugas di Kongo dalam OPP PBB Monuc. Kemudian menjadi Satgas PRCB Sumbar pada 2009 dan Satgas Operasi Bhakti Perbatasan di 2013.

Diantara 13 jabatan terakhir yang sempat diemban, Letkol CZI Pabate selama bertugas di TNI-AD juga pernah ditugaskan sebagai Danyonzipur 17 AD Kodam Mulawarman hingga akhirnya mendapat perintah tugas sebagai Dandim 0909/Sangatta yang bermarkas di Komplek Perkantoran, Pemkab Kutim di Bukit Pelangi, Sangatta.

“Saya sebagai Dandim, selalu (berupaya) berada dalam kebaikan dan tidak akan berhenti melakukan hal baik untuk masyarakat Kutim,” kata Letkol Pabate disela-sela silaturahmi dengan wartawan se-Kutim di Rumah Makan Makyus, Sangatta Utara, Kamis (21/11/2019).

Meskipun belum lama menjabat sebagai Dandim 0909 Sangatta, namun Letkol Pabate mengaku senang bertugas di Kutim. Menurutnya Kutim merupakan wilayah yang aman dan kondusif. Maka dari itu, demi mempertahankan kondusifitas wilayah tugasnya, Pabate menegaskan bahwa ia siap merangkul seluruh kalangan.

Untuk menciptakan tali silaturahmi dan persaudaraan yang selama ini sudah terjalin sangat baik. Yaitu antara Kodim 0909 Sangatta dengan Pemkab Kutim, pihak swasta serta seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali. Dia menyebut dengan silaturahmi dan koordinasi yang baik upaya-upaya penguatan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) khususnya di wilayah Kabupaten Kutai Timur akan mudah diwujudkan. (hms7)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here