Beranda Kutai Timur Kapolres Kutim Ingatkan 7 Hal Penting – Pada Peringatan Ke-39 Satpam

Kapolres Kutim Ingatkan 7 Hal Penting – Pada Peringatan Ke-39 Satpam

88 views
0

Kapolres Kutim AKBP Indras Budi Purnomo,  pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-39 Satpam, di Halaman Polres Kutim.

SANGATTA – Satuan pengamanan (Satpam) memiliki peran strategis, baik dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas dilingkungan kerja, maupun dalam mendukung iklim investasi yang kondusif. Guna memacu pertumbuhan ekonomi. Hal tersebut, ditegaskan Kapolres Kutim AKBP Indras Budi Purnomo, pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-39 Satpam, di Halaman Polres Kutim, Jum’at (17/1/2020).  

Indras menambahkan, kehadiran Satpam sebagai mitra Polri dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas dituntut semakin professional. Satpam harus mampu mendeteksi setiap potensi kerawanan yang terjadi dilingkungan kerjanya. 

“Selain itu, juga harus melakukan tindakan pengamanan dan pencegahan yang tepat serta melaporkan ke pihak kepolisian, untuk segera dilakukan langkah-langkah antisipasi,” ucap Indras.

Sesuai dengan tema HUT ke-39 Satpam, yakni “Satuan Pengamanan Berbasis Kompentensi Mewujudkan Sumber daya Manusia Unggul Untuk Terciptanya Situasi Kamtibmas dan Kondusif Dan Terjaminnya Keamanan Dilingkungan Kerja Menuju Indonesia maju”.

Dihadapan Bupati Kutim H Ismunandar dan Wakil Bupati H Kasmidi Bulang, Seskab H Irawansyah serta unsur FKPD dan jajaran Pejabat dilingkup Pemkab Kutim, Kapolres yang baru menjabat beberapa bulan ini di Kutim ini menekankan tujuh hal penting, khususnya terkait keberadaan Satpam. Pertama, senantiasa tingkatkan keimanan dan kertaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan moral, dalam mengemban  amanah profesi yang luhur dan mulia. 

“Kedua, jaga kehormatan pribadi, dengan berpegang teguh kepada kode etik dan profesi Satpam serta tugas dengan penuh tanggung jawab. Tiga, tingkat kesiapsiagaan diri, dalam mengidentifikasi setiap potensi gangguan dan kerawanan pada lingkungan kerja. Sehingga dapat segera diantisipasi dengan  optimal,” sebutnya.

Empat, senantiasa tingkatkan kompetensi diri, baik melalui pendidikan maupun pelatihan, guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas. Lima, bangun komunikasi positif dengan seluruh komponen masyarakat serta tingkatkan kerjasama sinergi dengan jajaran Polri dan seluruh stakeholder lainnya, dalam memelihara stabilitas keamanan dilingkungan kerja. 

“Enam, kepada para penggunan jasa Satpam saya mengajak bersama untuk merubah mindset, dengan tidak lagi menganggap Satpam sebagai cost maupun sebagai aset. Tujuh, terus tingkatkan profesionalisme Satpam, melalui program sertifikasi secara berjenjang. Dengan harapan, para anggota Satpam memiliki SDM yang unggul dan berdaya saing tinggi, guna menciptakan iklim investasi yang aman dan stabil,” tutupnya. (hms15)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here