Beranda Pertanian Siasati Wilayah Terbatas – Long Mesangat Pilih Kembangkan Kopi dan “Wild Tourism”

Siasati Wilayah Terbatas – Long Mesangat Pilih Kembangkan Kopi dan “Wild Tourism”

79 views
0

Camat Long Mesangat, Emmanuel Eng saat mempresentasikan potensi wilayahnya. (Foto Alvian Pro Kutim)

LONG MESANGAT – Meskipun punya lahan terbatas dibanding kecamatan lain di Kutim, Kecamatan Long Mesangat terus berupaya meningkatkan potensi – potensi yang ada guna menggerakkan roda perekonomian dan bisa sejajar dengan daerah lain di Kutim.

Camat Long Mesangat ,Emmanuel Eng, menyatakan, karena kerbatasan wilayah, Long Mesangat berusaha meningkatkan pendapatan desa melalui program inovasi desa seperti budidaya kopi dan pengembangan ekowisata buaya badas.

“Pemerintah kecamatan sudah bekerjasama dengan beberapa lembaga penelitian untuk mengembangkan kopi lokal yang disesuaikan dengan kondisi wilayah. Kami yakin industri kopi di Long Mesangat bisa bersaing dengan kopi lainnya di nusantara,” ujarnya.

Dia menambahkan, selain lembaga peneliti dari dunia kampus, Kecamatan Long Mesangat telah bekerjasama dengan beberapa pelaku industri kopi dari Jawa.

“Beberapa petani kopi sudah pernah kami ajak pelatihan dan melihat langsung bagaimana menjalankan bisnis kopi secara profesional,” ujarnya.

Sedangkan untuk pelestarian buaya badas, Pemerintah Kecamatan Long Mesangat juga telah melakukan kerjasama dengan perhati lingkungan dan satwa liar serta LSM untuk melestarikan buaya endemik yang hanya ada di Long Mesangat.

“Kami telah berkomitmen untuk mengembangkan potensi wisata alam liar ini sekaligus menjaga kelestarian buaya badas menjadi wisata unggulan di Kutim.Beberapa peneliti asing juga menjadikan kawasan ini sebagai pusat kajian buaya badas. Ini menjadi suatu kebanggaan bagi Kutim,” uja Emmanuel.(hms4/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here