Kegiatan pemberian bantuan pencegahan oleh perusahaan perkebunan sawit di Kongbeng disaksikan Camat Kongbeng, Sescam Kongbeng dan jajaran Pemerintah Desa Miau Baru. (Foto : Dokumentasi FKPM-DM)

KONGBENG – Upaya pencegahan penularan Corona Virus Disease 19 (COVID-19) terus dilakukan oleh semua pihak. Baik Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa hingga swasta dan masyarakat. Hal ini seusai dengan instruksi Bupati Kutai Timur (Kutim), bahwa seluruh pimpinan perusahaan agar dapat berperan aktif mengarahkan program Corporate Social Responsibility (CSR) tahun 2020, untuk membantu Pemerintah Daerah melalui Satgas COVID-19. Dengan bantuan berupa Penyediaan Alat Pelindung g Diri (APD), Hand Sanitizer dan tempat pencucian tangan menggunakan sabun ditempat terbuka. Imbauan tersebut dituangkan Ismu dalam surat nomor 180/19/HK.PUU/III/2020.

Perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ada di wilayah Kecamatan Kongbeng termasuk pihak swasta yang langsung merespon. Dengan memberikan bantuan kepada beberapa desa yang ada di Kongbeng. Salah satunya adalah Desa Miau Baru.

Menurut Camat Kongbeng Furkani, melalui Sekretaris Camat Kongbeng Petrus Ivung, bantuan untuk pencegahan COVID-19 dari beberapa perusahaan yang beroperasi di wilayah Kongbeng, telah diterima.

“Hari Rabu (1/4/2020) ini, PT Karya Prima Agro Sejahtera (KPAS), dan PT Dewata, anak perusahaan DSN GROUP, memberikan bantuan berupa, 1 unit tandon air 1200 liter (dilengkapi dengan kran). Berikutnya 1 unit bilik semprot disinfektan siap pakai, masker dan sarung tangan masing-masing 1 box dan 2 unit kep prayer solo,” jelasnya.

Selain bantuan itu, sambung Petrus, pihak perusahaan membantu penyemprotan disinfektan di Desa Miau Baru. Penyemprotan disinfektan juga dilakukan di pemukiman warga, tempat ibadah dan fasilitas umum lainnya di desa miau baru.

“Matrial yang digunakan sebagai disinfektan yakni, 87,4 liter wipol dengan takaran 30 cc per liter ditambah 8000 liter air, ” terang Petrus.

Untuk teknis penyemprotan dibagi dalam 4 regu. Menggunakan peralatan 1 unit tangki air dengan penyemprotan seluruh wilayah di Desa Miau, di jalan poros dan jalan lingkungan. Kemudian, unit kecil dilengkapi dengan alat semprot 8 unit.

“Kegiatan di prakarsai oleh PT DSN Group peduli COVID-19. Melibatkan Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat Desa Miau Baru (FKPM-DM), Kapolsek Kongbeng, Koramil, Camat Kongbeng dan juga tokoh masyarakat Miau. Dengan jumlah 187 orang yang terlibat dalam kegiatan penyemprotan tersebut,” ungkap Petrus.

Berkat bantuan tersebut, mantan Sescam Telen inipun mengucapkan terima kasih kepada DSN Group yang telah peduli terhadap masyarakat. Sebagai upaya pencegahan penularan sekaligus penyebaran COVID-19. Kegiatan penyemprotan disinfektan juga menjawab keinginan masyarakat beberapa waktu terakhir ini. Dia berharap, penyemprotan disinfektan dapat dilakukan lagi. Agar masyarakat bisa terbebas dari ancaman COVID-19. (hms15/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here