Beranda Sosial & Kesehatan Masyarakat Bisa Deteksi Dini COVID-19 Secara Online

Masyarakat Bisa Deteksi Dini COVID-19 Secara Online

464 views
0

Kepala Dinas Kominfo Perstik Kutim. (Wahyu Pro Kutim)

SANGATTA – Penyebaran Corona Virus Disease 19 (COVID-19) bisa diantisipasi jika kita dapat mendeteksi lebih dini bagaimana gejalanya. Saat melaksanakan instruksi pemerintah dengan berdiam di rumah atau karantina mandiri, masyarakat saat ini bisa melakukannya secara daring atau online.

Caranya adalah dengan mengisi kuisioner melalui corona.kutaitimurkab.go.id yang dikelola oleh Pemkab Kutim melalui Dinas Kominfo Perstik Kutim. Imbauan ini juga telah disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfo Perstik Kutim Suprihanto CES melalui unggahan video youtube Diskominfo Perstik.

“Saya mengimbau masyarakat (Kutim) untuk melakukan deteksi dini virus Corona dengan log in dan mengisi kuesioner yang disediakan melalui corona.kutaitimurkab.go.id ,” imbau Suprihanto dalam unggahan video berdurasi 210 detik tersebut.

Jika masyarakat mengunjungi lama internet dimaksud, maka setiap orang akan mendapatkan petunjuk pengisian kuesioner. Berbagai hal lainnya juga dijelaskan secara rinci. Saat dikonfirmasi lebih jauh oleh Pro Kutim di kantornya, Jum’at (3/4/2020) kemarin, Suprihanto menjelaskan selain deteksi dini virus Corona, aktivasi ini juga merupakan suatu gerakan untuk memberikan informasi kepada masyarakat Kutim, terkait perkembangan dan penanganan kasus COVID-19.

Untuk menjalankan program ini, Dinas Kominfo Perstik Kutim bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kutim. Menurut mantan Kepala Bappeda Kutim tersebut, data yang disajikan selalu diperbaharui setiah hari. Suprihanto berharap agar masyarakat berpartisipasi aktif mencegah penyebaran virus Corona. Dengan mengisi kuisioner yang telah disediakan dalam laman internet tersebut.

“Dengan kesadaran partisipasi (aktif) tersebut, diharapkan pencegahan dini penyebaran virus Corona dapat dilakukan dengan baik,” sebutnya.

Disampingi itu Suprihanto yang pernah menjabat Kabag Pembangunan Setkab Kutim juga meminta agar masyarakat tak mudah terprovokasi dengan pemberitaan yang bertebaran di dunia maya. Khususnya terkait penyebaran virus Corona. Terutama tidak menyebarluaskan informasi yang sumbernya tidak dapat dipertanggung jawabkan.

“Masyarakat dapat memantau perkembangan melalui website yang kami sediakan. Saya imbau (masyarakat) agar tidak panik, menjaga pola hidup sehat serta melaksanakan imbauan yang telah disampaikan pemerintah,” tutupnya. (hms7/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here