Beranda Umum & Ekonomi Tak Cuma Sembako, Warga Terdampak COVID-19 Bakal Dapat Uang Tunai

Tak Cuma Sembako, Warga Terdampak COVID-19 Bakal Dapat Uang Tunai

757 views
0

Kepala Dinas Sosial Pemkab Kutim, Djamiatulkhair Daik saat diwawancara awak media. (Dok Pro Kutim)

SANGATTA – Selain konsentrasi pada pencegahan penyebaran COVID-19, Pemkab Kutim juga fokus pada penanganan masyarakat yang terdampak virus yang lazin disebut Corona ini. Kepala Dinas Sosial Pemkab Kutim, Djamiatulkhair Daik, Sabtu (18/4/2020) kemarin menjelaskan masyarakat terdampak COVID-19 di Kutim bahkan tak hanya mendapatkan bantuan paket sembako. Karena ternyata masih ada bantuan uang tunai yang diberikan oleh Kementerian Sosial dan bantuan keuangan dari Provinsi Kaltim.

“Bantuan bukan hanya sembako saja. Ada bantuan langsung tunai bagi 5.509 kepala keluarga (KK),” sebut Djami. “Diambil dari Data Terpadu Kesehateraan Sosial dari Kementerian Sosial. Masih ada kuota tambahan dari kementerian,” tambahnya.

Dari data kemiskinan di Kutim yang diolah Badan Pusat Statistik (BPS) Kutim dan diterima Kementerian Sosial, menurut Djami masih bakal ada tambahan jumlah dari penerima bantuan tunai sebanyak 5.509 KK tersebut. Setelah dilakukan verifikasi kemudian kuota menjadi lima ribuan tersebut. Walaupun usulan Dinsos lebih banyak dari angka itu.

Karena bantuan selanjutnya berbentuk uang tunai, maka juga diperlukan tingkat kehati-hatian yang lebih. Maka setelah ini meski ada tambahan, forum RT lah yang nanti bertugas melakukan verifikasi. Bantuan tunai tidak melalui instansi pemerintahan melainkan langsung ke tangan penerima. Melalui dua metode pencairan, yakni Himpunan Bank Negara (Himbara) atau Kantor Pos.

“Kemungkinan 5.509 KK yang merupakan DTKS, lewat Himbara. Karena sudah ada data by name dan by address-nya,” ujar Djami.

Sementara itu, bantuan tunai dari Provinsi Kaltim, untuk masyarakat terdampak COVID-19, besarannya Rp 200.000 per KK untuk 12.000 KK.

“Untuk mendata siapa yang layak menerima, menjadi tugas RT juga,” sebutnya Djami.

Bantuan tunai ini juga akan langsung diberikan pada penerima melalui rekening atau kantor pos. Khusus bantuan ini, Dinsos sedang melakukan pendataan, untuk pembukaan rekening masing-masing KK tersebut, dilengkapi nama ibu kandung. (*/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here