Beranda Entertainment Upacara Detik-Detik Prokamasi di Kutim Lancar – Dipimpin Plt Bupati, Utamakan Protokol...

Upacara Detik-Detik Prokamasi di Kutim Lancar – Dipimpin Plt Bupati, Utamakan Protokol Kesehatan

289 views
0

Momen Plt Bupati Kutim Kasmidi Bulang memimpin upacara detik-detik proklamasi memperingati HUT-75 RI di Kutim. (Wahyu Pro Kutim)

SANGATTA – Lantaran masih dalam kondisi pandemi COVID-19, pelaksanaan upacara detik-detik proklamasi memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia (RI) di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) digelar secara sederhana di Halaman Kantor Bupati Kutim, Kawasan Perkantoran Bukit Pelangi, Sangatta, Senin (17/8/2020). 

Tentunya dilangsungkan dengan mengutamakan protokol kesehatan, demi mencegah penyebaran COVID-19. Sesuai instruksi Pemerintah Pusat, mengacu pada surat edaran dari menteri Sekretaris Negara Nomor: B-492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020, tentang pelaksanaan HUT ke 75 RI. Kendati pelaksanaannya tidak melibatkan semua pihak. Karena pesertanya dibatasi hanya puluhan orang. Namun secara umum tetap berjalan lancar, aman, tertib dan hitmat.

Untuk kali pertama, upacara hari jadi Republik Indonesia lingkup Pemkab Kutim dipimpin Plt Bupati Kasmidi Bulang selaku Inspektur Upacara. Nampak hadir beberapa jajaran pejabat lingkup Pemkab Kutim. Seperti Seskab Irawansyah, Asisten Pemkesra Suko Buono, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Suroto, Asisten Administrasi Pemerintahan Yuliati, unsur pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutim. Serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kutim dan para veteran. 

Di tengah lapangan bertindak sebagai komandan upacara IPTU Chandra Buana. Marching Band Waditra Prima Sangatta (MB WPS) didaulat menjadi Korps Musik pengiring upacara. Tepat pada pukul 9.30 WITA, sirene dibunyikan menandai detik-detik proklamasi Hari Kemerdekaan RI. Serta pembacaan naskah proklamasi oleh Plt Ketua DPRD Kutim Asti Mazar Bulang. Dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih oleh anggota purna Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kutim 2019. Trisni Haryanti dari SMAN 1 Sangatta Utara yang bertugas sebagai pembawa bendera. Penggerek bendera yakni Kevin Oktaviandra dari SMAN 2 Sangatta Utara dan pembentang bendera adalah Rangga Kisara Patappa dari SMAN 1 Sangatta Utara. 

Usai upacara Plt Bupati Kutim Kasmidi Bulang berserta tamu undangan memberikan selamat kepada seluruh anggota purna Paskibraka Kutim 2019. Karena telah sukses mengemban tugas sebagai pengibar bendera merah putih HUT RI di Kutim kali ini. Kasmidi Bulang mengucapkan syukur karena upacara terselenggara dengan lancar. 

“Pada hari ini usia kemerdekaan RI (sudah) ke 75, kita berharap dimasa pandemi COVID-19, (semua pihak) bisa tetap menjaga keutuhan negara kita. Insyallah kita dapat bangkit dan keluar dari masalah-masalah, terutama COVID-19,” katanya seraya mendoakan yang terbaik untuk tanah air Indonesia. (hms7/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here