Beranda Kutai Timur Meski Zona Merah, Kutim Belum Bisa Terapkan PPKM – Antisipasi Lonjakan COVID-19,...

Meski Zona Merah, Kutim Belum Bisa Terapkan PPKM – Antisipasi Lonjakan COVID-19, Sementara Adopsi Sebagian Program

445 views
0

Seskab Irawansyah diwawancara awak media. (Foto Wahyu Yuli Artanto Pro Kutim)

SANGATTA – Angka kasus penularan COVID-19 yang terus meningkat, membuat Pemkab Kutim melalui melalui Satgas Penanggulangan COVID-19 mesti mengambil langkah tegas. Senin (1/2/2021) siang, Satgas COVID-19 Kutim langsung menggelar rapat khusus bersama instansi vertikal di Makodim 0909 Sangatta. 

Ditemui awak media usai rapat, Seskab Kutim Irawansyah mengungkapkan bahwa Kutim saat ini merupakan satu dari dua kota/kabupaten se-Kaltim yang belum menerapkan penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Pasalnya, walaupun termasuk zona merah COVID-19, Kutim belum memenuhi empat kriteria untuk menerapkan PPKM.

Apa saja kriteria dimaksud? Empat kriteria untuk menerapkan PPKM yang ditetapkan Pemerintah Pusat yakni tingkat kematian di atas rata-rata nasional, tingkat kesembuhan di bawah rata-rata nasional. Berikutnya tingkat kasus aktif di atas rata-rata tingkat kasus nasional dan tingkat keterisian ‘bed’ (tempat tidur) rumah sakit untuk ICU (intensive care unit) dan ruang isolasi di atas 70 persen. 

“Jadi, yang menentukan bisa atau belum bisa menerapkan PPKM itu bukan kita (Pemkab Kutim), tapi Pemerintah Pusat,” jelas Irawansyah. 

Tetapi lantaran Kutim termasuk zona merah penyebaran COVID-19 dan tak kunjung mereda, maka Pemkab Kutim berencana mengadopsi program-program yang ada di dalam PPKM.

“Seperti pengetatan kegiatan-kegiatan di masyarakat. Dengan pemberian sanksi yang tegas (bagi pelanggar protokol kesehatan), kemudian ada posko-posko dan sosialisasi yang lebih intensif,” ujarnya.

Menurut data resmi Dinas Kesehatan Kutim per 31 Januari 2021, total terkonfirmasi positif COVID-19 di daerah ini tercatat 5.356 kasus. Dengan rincian jumlah pasien dirawat 456 orang, jumlah sembuh 4.834 kasus dan meninggal 70 orang. (hms7/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here