Beranda Pemerintahan Utamakan Naker Lokal, Bupati Kutim Minta Perusahaan Terkoneksi Disnakertrans Saat Perekrutan

Utamakan Naker Lokal, Bupati Kutim Minta Perusahaan Terkoneksi Disnakertrans Saat Perekrutan

88 views
0

Bupati membuka pelatihan berbasis vokasi di UPT Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Mandiri Kutim Tahap I, di Aula UPT BLKI Mandiri Jalan Sidodadi, Kamis (25/3/2021). (Ist)

SANGATTA – Bupati Kutai Timur H Ardiansyah Sulaiman meminta seluruh perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Kutai Timur (Kutim), saat merekrut tenaga kerja wajib terkoneksi dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker). Serta, melaporkan secara khusus kepada Bupati.

Hal tersebut disampaikan Bupati H Ardiansyah Sulaiman didampingi Plt Kepala Disnaker Kutim Sudirman Latif saat membuka pelatihan berbasis vokasi di UPT Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Mandiri Kutim Tahap I, di Aula UPT BLKI Mandiri Jalan Sidodadi, Kamis (25/3/2021).

“Agar dapat menyalurkan anak-anak kita yang lulus sekolah, putus sekolah maupun sarjana. Agar mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui pekrjaan,” harap Ardiansyah.

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Kutim ini juga meminta kepada Disnaker agar pelatihan tidak hanya sebatas untuk calon pekerja di perusahaan – perusahaan saja. Namun, juga memberikan pelatihan ketrampilan di masyarakat. Seperti kepada ibu-ibu dan anak – anak muda lainnya.

“Agar setelah dilatih mereka siap untuk mandiri. Jadi kesempatan kerja tidak selalu di perusahaan saja,” ucap Ardiansyah.

Lebih jauh Ardiansyah mengharapkan, BLKI tidak hanya pelatihan mekanik seperti alat berat atau alat ringan belaka. Tetapi juga melatih kegiatan industri kimia. Apalagi, kedepan akan ada perusahan methanol yang akan membutuhkan banyak tenaga kerja.

Sementara itu, Plt Kadis Disnaker Kutim Sudirman Latif mengatakan pelatihan vokasi diarahkan untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi tenaga kerja, agar siap menghadapi dunia kerja, dapat bersaing, dan memiliki produktivitas yang tinggi.

“Pelatihan itu diikuti 64 orang peserta terbagi dalam empat kejuruan. Pelatihan ini ikuti selama kurang lebih satu bulan,” ungkap Sudirman.

Hadir dalam pembukaan acara itu, Kepala BLK Kaltim Andi Susila, Kepala BLKI Mandiri Kutim Abdul Syahid, OPD terkait serta perwakilan persusahaan. (hms15/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here