Beranda Kutai Timur 16 Kecamatan Se-Kutim Siap Gelar Pilkades Serentak

16 Kecamatan Se-Kutim Siap Gelar Pilkades Serentak

149 views
0

Penyerahan buku tata cara pemungutan dan penghitungan suara Pilkades serentak di Kutim, oleh Wabup Kasmidi Bulang kepada Camat Muara Wahau Ashari, diruang Damar, GSG, Bukit Pelangi. (Wak Hedir Pro Kutim)

SANGATTA– Dua puluh satu hari menjelang pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2021, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutim memastikan persiapan pemungutan suara Pilkades serentak di 16 Kecamatan di Kutim. Untuk memastikan kesiapan itu, digelar Rapat Koordinasi Persiapan Pemungutan Suara Pilkades serentak diruang Damar, Gedung Serba Guna (GSG), Pusat Perkantoran, Bukit Pelangi, Sangatta, Senin (27/9/2021). 

Rapat dipimpin Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman didampingi Wakil Bupati Kasmidi Bulang dan Asisten Pemkesra (Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat) Suko Buono. Dalam rapat disampaikan bahwa 16 Kecamatan (selain Long Mesangat dan Busang) yang mengikuti Pilkades serentak 2021 secara umum melaporkan siap. 

“Dari 18 Kecamatan kita (Kutim), ada 16 Kecamatan. Sebanyak 62 desa yang mengikuti Pilkades serentak. Alhamdulillah dari 16  Kecamatan itu pada prinsipnya siap. Ada yang sudah siap perlengkapan dan alatnya, ada juga yang masih progres. Masih ada waktu (pematangan), karena Pilkades nanti 18 Oktober 2021,” sebut Wabup usai rapat itu. 

Untuk dua kecamatan yang tak melaksanakan Pilkades, yakni Long Mesangat dan Busang, dikarenakan Kades yang ada saat ini, masih aktif sesuai masa kerja yang tersisa.

Wabup menambahkan, pelatihan untuk petugas di lapangan sedang dipersiapkan oleh DPMD Kutim. Selain itu, DPMD Kutim juga menyerahkan buku panduan atau buku tata cara pemungutan dan perhitungan suara Pilkades kepada 16 Kecamatan. (hms15/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here