Beranda Entertainment Pramuka Harus Jadi Wadah Penempa Kepemimpinan !

Pramuka Harus Jadi Wadah Penempa Kepemimpinan !

126 views
0

Bupati Ardiansyah Sulaiman saat membuka Musyawarah Cabang (Muscab) Gerakan Pramuka Kutim, di Hotel Royal Victoria Sangatta. (Wahyu Pro Kutim)

SANGATTA- Ada bagian penting dari kegiatan kepramukaan, yakni estafet kepemimpinan. Hal tersebut menjadi satu pesan dari Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman saat membuka Musyawarah Cabang (Muscab) Gerakan Pramuka Kutim, di Hotel Royal Victoria Sangatta, Kamis (7/4/2022).

Ardiansyah menegaskan, siapapun yang diberikan amanah untuk melanjutkan estafet kepemimpinan, harus bisa mendidik anak-anak, untuk bisa menciptakan generasi-genarasi emas dikemudian hari.

“Harus bisa menjadi tokoh yang siap sedia dalam situasi apapun, di waktu kapan pun untuk daerah. Baik itu berasal dari Saka Bhayangkara, Saka Bahari, Saka Kencana dan lain-lainya,” pesan Ardiansyah.

Untuk itu pramuka harus bisa menjadi wadah menempa pendidikan kepimpinan. Sebagai bentuk persiapan dalam menyambut estafet pemimpin di Kutim nantinya. Dia meyakini dalam muscab yang berlangsung selama dua hari, mulai 6-8 April 2022 ini, takkan terjadi riuh-riuh atau perselisihan. Pasalnya semua peserta sudah siap dan matang. 

“Semoga calon-calon yang melanjutkan estafet kepimpinan ini siap untuk menerima tugas dan pengabdiannya,” harap Ardiansyah dihadapan Ketua DPRD Kutim H Joni, Wakil Ketua DPRD Asti Mazar, Pj Seskab Kutim Yuriansyah, peserta muscab dan undangan lainnya. 

Sebelumnya, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kutim H Kasmidi Bulang menyampaikan bahwa dirinya telah menjabat selama dua periode. Secara aturan harus memberikan regenerasi. Ia juga mengucapkan syukur target Kwarcab Pramuka Kutim tercapai. Diantaranya membuat bumi perkemahan di kawasan Batu Putih, Sangatta Utara.

“Selanjutnya gerakan pramuka juga banyak menyumbang pretasi untuk Kutai Timur. Tiga kali terbaik kedua selama dua tahun terakhir sebagai Kwarcab (Pramuka) tergiat se-Kaltim. Tentunya itu merupakan pretasi terbaik,” urainya. 

Ia lantas mengajak seluruh peserta untuk memilih nahkoda terbaik memimpin Kwarcab Pramuka Kutim. Walaupun banyak pilihan “warna”, tetapi mestilah harus memilih satu yang terbaik. Sebagai penyatu, mengingat pramuka merupakan organisasi kepanduan yang berorientasi pada pengabdian dan bhakti sosial untuk bangsa dan negara. (kopi7/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here