Beranda Kutai Timur BPD Diharapkan Sinergi Dengan Kades

BPD Diharapkan Sinergi Dengan Kades

64 views
0

Yuriansyah saat memberikan sambutan saat penutupan Peningkatan kapasitas Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) gelombang kedua di Ruang Pertemuan Hotel Kutai Permai (foto Wahyu Yuli Pro Kutim)

SANGATTA – Peningkatan kapasitas anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) gelombang kedua di Ruang Pertemuan Hotel Kutai Permai, Sangatta Utara yang berlangsung selama dua hari mulai Selasa (7/6/2022) resmi ditutup oleh Kepala DPMDes Kutim Yuriansyah, Kamis (9/6/2022).

Sebelum menutup, Yuriansyah yang juga menjabat sebagai Plt Sekertaris Kabupaten tersebut, berharap agar para Anggota BPD yang sudah mengikuti pelatihan menjadikan bekal ilmu yang didapat dari narasumber diterapkan di desanya masing-masing. Selain itu Anggota BPD juga bisa saling bersinergi dengan Kepala Desanya.

“Karena sudah tahu tugas dan fungsinya,“ ujarnya.

Melihat antusiame yang tinggi dari Anggota BPD pada pelatihan tersebut, Yuriansyah  mengapresiasi serta berkeinginan agar kegiatan seperti ini bisa kembali digelar. Sebab, masih ada beberapa Anggota BPD dari berbagai desa yang belum mengikuti pelatihan dimaksud.

“Karena Anggota BPD ini kan baru saja dilantik, jadi kami (DPMPDes) harus melakukan dan memberikan bimtek terkait tupoksi mereka (BPD),“ ucapnya.

Terakhir, Yuriansyah berharap BPD mampu menjadi lembaga yang mengendalikan berbagai pelaksanaan tugas pemerintahan yang dijalankan Kepala Desa (Kades). Serta sebagai pengemban amanah dan pelaksanaan kebijakan di desa. Sehingga berbagai program dan kegiatan yang direncanakan dapat dilaksanakan sesuai dengan harapan.

Ditemui usai kegiatan, Yanti, salah seorang Anggota BPD dari Desa Pengadan, Kecamatan Karangan, mengaku sangat terbantu dengan adanya pelatihan peningkatan kapasitas Anggota BPD ini. Dirinya mengaku banyak mendapatkan pengetahuan dan pemahaman yang memadai. Tentang lingkup tupoksi yang dimiliki BPD. Mulai dari pengalaman, tanggung jawab serta mampu mengetahui hal terkait lainnya.

“Alhamdulillah, banyak ilmu kita dapat. Selain itu kita juga bisa mengetahui mana yang menjadi tupoksi serta kewajiban Anggota BPD,” ucapnya. (kopi6/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here