Beranda Kutai Timur Intensifkan Mitigasi Karhutla, Polres Kutim Satukan Komitmen Lintas Sektoral

Intensifkan Mitigasi Karhutla, Polres Kutim Satukan Komitmen Lintas Sektoral

33 views
0

Teks: Rakor lintas sektoral yang digelar Polres Kutim siap membawa kekuatan dalam penanganan karhutla. (Foto: ist)

SANGATTA – Polres Kutim serius mencegah dan menangani persoalan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Berkaitan hal itu, Polres Kutim menggelar rapat koordinasi (Rakor) lintas sektoral, Kamis (14/7/2022). Rakor yang berlangsung di Ruang Aula Pelangi Mapolres Kutim kali ini fokus pada “Mitigasi Karhutla 2022”.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kapolres Kutim AKBP Anggoro Wicaksono. Dihadiri Kabagdalops Roops Polda Kaltim AKBP Bonifasio, dari Pemkab Kutim diwakili Plt Asisten Pemkesra Trisno, Kepala BPBD Kutim Muhamamd Idris. Perwakilan Kodim 0909/Kutim Kapten Asef Supratna, serta perwakilan Manggala Agni, stakeholder dan perusahaan yang hadir.

Kapolres Kutim Anggoro meminta sekaligus mengajak seluruh pihak agar bersama-sama berperan aktif menyatukan komitmen. Dalam mitigasi karhutla di wilayah hukum Polres Kutim.

“Jadi momen ini mencari solusi bagaimana langkah-langkah pencegahan maupun penanganan karhutla. Diupayakan semua pihak lintas sektoral kompak dan sinergitas berjalan baik,” tegasnya.

Ia pun menekankan semua pihak juga harus mengetahui secara jelas tugas masing-masing. Khususnya dalam bertindak apabila terjadi karhutla. Untuk itu, ada hal yang perlu diperhatikan seperti sosialisasi dan edukasi, pemadaman dan penegakan hukum.

“Oleh karena itu dalam mitigasi karhutla menjadi tanggung jawab semua pihak,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Asisten Pemkesra Kutim Trisno mengatakan mitigasi karhutla bertujuan untuk menyatukan persepsi, dalam penanganan dan pencegahan karhutla di lapangan.

“Pemerintah mendukung dalam sebuah upaya integrasi seluruh kekuatan pengendalian karhutla di daerah. Untuk menjadi sesuatu kekuatan yang lebih baik,” urainya. (kopi13/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here