Beranda Kutai Timur Bupati Lepas 97 Mahasiswa KKN Stiper Kutim ke Teluk Pandan

Bupati Lepas 97 Mahasiswa KKN Stiper Kutim ke Teluk Pandan

360 views
0

Bupati di dampingi Wabup dengan Mahasiswa STIPER di Halaman Kantor Bupati. Foto: ni Wahyu Yuli Pro Kutim

SANGATTA- Sebanyak 97 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Kutai Timur (Stiper Kutim) dilepas secara resmi oleh Bupati H Ardiansyah Sulaiman di Halaman Sekretariat Kabupaten, Senin (18/7/2022).

Sebelum simbolis melepas keberangkatan para mahasiswa, Ardiansyah mengingatkan bahwa KKN merupakan salah satu program pengabdian untuk masyarakat. Termasuk dalam bagian dari Tri Dharma (tiga kewajiban) perguruan tinggi di Indonesia. Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat.

“Sesuai Tri Dharma perguruan tinggi, tiga hal tersebut menjadi kewajiban bagi setiap mahasiswa,” ujarnya di hadapan Wabup H Kasmidi Bulang, Seskab Rizali Hadi, Wakil Ketua 1 Stiper Kutim Rusdianto serta undangan yang hadir.

Lebih jauh disampaikan, saat ini melalui Program Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendukbud Ristek), memungkinkan mahasiswa bisa melakukan kegiatan di luar kampus dan dihargai setara dengan 40 Satuan Kredit Semester (SKS). Dia bersyukur Stiper Kutim telah turut serta mengimplementasikan program tersebut.

Program tersebut, sambung Bupati, bisa mengasah para mahasiswa untuk lebih meningkatkan kompetensi serta kualitas diri. Mengapa? Karena mahasiswa bisa berinteraksi secara langsung dalam suasana atau kondisi yang sebenarnya.

“Meskipun waktunya (KKN) terbatas, jangan sampai mengurangi makna dan tujuan untuk tetap mengabdi kepada masyarakat. Ilmu yang anda berikan memberi arti dan makna yang besar bagi mereka (masyarakat),” ucap Ardiansyah.

Terakhir dirinya berpesan agar para mahasiswa dari “Kampus Biru” tersebut mampu memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi masyarakat. Khususnya warga tempat mahasiswa melaksanakan kegiatan KKN.

Sebelumnya Wakil Ketua 1 Stiper Kutim Rusdianto melaporkan, peserta KKN Stiper kali ini berjumlah 97 mahasiswa. Menjadi KKN angkatan 16 dan akan melaksanakan kegiatan selama 40 hari. Mulai 20 Juli hingga 30 Agustus 2022.

“Mahasiswa KKN akan disebat di enam desa yang ada di Kecamatan Teluk Pandan. Yaitu Desa Danau Redan, Kandolo, Martadinata, Teluk Pandan, Suka Rahmat dan Suka Damai. Masing-masing terdiri dari dua kelompok,” terangnya. (kopi6/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini