Beranda Kutai Timur Bupati dan Wabup Kompak Undang Warga Kunjungi Festival Sekerat Nusantara 2022

Bupati dan Wabup Kompak Undang Warga Kunjungi Festival Sekerat Nusantara 2022

29 views
0

Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman saat berinteraksi dengan pelaku UMKM peserta Festival Sekerat Nusantara 2022. (Fuji Pro Kutim)

BENGALON- Sebelum membuka Festival Sekerat Nusantara, di Desa Sekerat, Kecamatan Bengalon, Minggu (17/7/2022) malam, sore harinya sebelumnya Bupati Kutai Timur (Kutim) menyempatkan waktu meninjau lokasi stan UMKM yang ikut meramaikan acara. Satu persatu stan pedagang dihampiri orang nomor satu di Pemkab Kutim tersebut seraya menyapa.

“Apa yang dijual?,” tanya Ardiansyah kepada seorang peserta. “Kami menjual aneka sambel kemasan siap saji pak. Ada berbagai macam varian rasa,” jelas si penjual.

Ardiansyah mengaku tertarik dengan produk inovatif tersebut. Apalagi sambel yang dikemas adalah sambel tradisional yang bisa tahan lama. Sehingga bisa praktis dibawa kemana-mana. Selain itu, Bupati juga menyapa pedagang lain yang menjual aneka keripik yang dikemas modern. Ada keripik pisang dan singkong dengan bumbu berbeda. Kepada sang penjual, Ardiansyah menyarankan agar kemasan yang dibuat mesti menarik perhatian dan memudahkan pembeli saat ingin mengonsumsinya.

“Jadi jangan sampai mau dimakan, tapi malah kesulitan membuka kemasan, nanti pembelinya jadi malas membeli,” kata Bupati sambil sedikit bercanda.

Usai berkeliling, Ardiansyah menjelaskan kepada Pro Kutim bahwa rangkaian Festival Sekerat Nusantara 2022 ini memang sengaja digelar tak hanya untuk melestarikan budaya. Tetapi memberikan wahana bagi pelaku UMKM untuk kembali menghidupkan ekonomi kerakyatan yang sempat lesu akibat pandemi COVID-19. Dia berharap melalui festival-festival seperti ini, UMKM dan perekonomian secara umum semakin bergairah. Untuk itu, dia mengundang masyarakat sekitar pesisir Kutim untuk hadir dan menikmati rangkaian Festival Sekerat Nusantara 2022. Apalagi kegiatan ini digelar sebagai bagian dari menyongsong rencana pelaksanaan Sail Sangkulirang 2024.

Wabup Kutim H Ardiansyah Sulaiman saat mencicipi jajanan yang dijual pelaku UMKM peserta Festival Sekerat Nusantara 2022. (Nupiansyah Dokpim Setkab Kutim)

Wabup Kutim Kasmidi Bulang pun berharap demikian. Orang nomor dua di Pemkab Kutim tersebut berharap kegiatan ini dapat mendorong peningkatan pariwisata daerah. Kasmidi mengapresiasi kegiatan ini, meski pandemi belum benar-benar berakhir. Kebangkitan ekonomi kerakyatan diharapkan dapat terlihat melalui Festival Sekerat Nusantara.

“Saya mengajak kepada kita semua yang ada di sekitar Kecamatan Bengalon, mari hadiri dan sukseskan acara ini,” ajak Kasmidi setelah berkeliling dan membeli banyak dagangan para penjual.

Festival Sekerat Nusantara 2022 dibuka 17 Juli 2022 dan akan berakhir pada 23 Juli 2022 nanti. Kegiatan ini diisi acara adat Pelas Laut, lomba olahraga tradisional, pentas seni dan budaya, hiburan serta diramaikan stan UMKM. (kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here