Beranda Kutai Timur Kutim Kembali Aktifkan Germas – Kampanyekan Pola Hidup Sehat

Kutim Kembali Aktifkan Germas – Kampanyekan Pola Hidup Sehat

56 views
0

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman saat penandatangan komitmen Germas Sangatta Utara. (foto: Wahyu Yuli/Pro Kutim)

SANGATTA- Seiring dengan melandainya tingkat penyebaran COVID-19 di Kutim, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) kembali digalakkan. Kali ini, Pemerintah Kecamatan Sangatta Utara bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) kembali mengkampanyekan kegiatan untuk meningkatkan kualitas pola hidup sehat berlangsung di halaman Kantor Camat Sangatta Utara, Jumat (30/9/2022).

Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman ini ditandai dengan penandatangan komitmen Germas dan makan buah bersama ini turut dihadiri Kepala Dinkes dr Bahrani Hasanal, Camat Sangatta Utara Hasdiah dan perwakilan dari dua UPT Puskemas Teluk Lingga dan Sangatta Utara.

Dalam kesempatan itu, Ardiansyah mengaku bersyukur sebab, saat ini Kalimantan Timur (Kaltim) termasuk Kutim, menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki angka harapan hidup kategori kualitas hidup paling tinggi secara nasional. Selain itu, kesehatan secara jasmani saja menurut pria berkacamata ini tidaklah cukup. Diperlukan unsur kesehatan secara rohani agar mampu menjalani hidup dengan selaras.

“Namun ingat, kita tetap harus tetap menjaga pola hidup dan pola makan salah satunya dengan rutin berolahraga dan cek kesehatan secara rutin, apalagi di usia yang sudah tidak muda lagi,” pintanya.

Menurut Ardiansyah, kesehatan adalah salah satu anugerah yang harus selalu dijaga. Dengan memiliki raga yang bugar, tentu saja akan dan menjadi salah satu faktor yang penting dalam menjalani aktivitas. Selain tetap memperhatikan lingkungan yang sehat dan bersih.

“Semoga pandemi ini (COVID-19) segera berakhir, agar kegiatan semacam ini bisa terus kita gelorakan, agar masyarakat kita terus sehat dan produktif,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinkes Kutim dr Bahrani Hasanal mengatakan mengatakan, Germas merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk terus meningkatkan angka harapan hidup masyarakat dengan derajat kesehatan yang tinggi.

“Kegiatan ini (Germas) sempat terhenti karena pandemi (COVID-19), dan akan kita mulai hari ini dengan pembentukan Forum Germas Kecamatan Sangatta Utara,” ujarnya.

Senada, Camat Sangatta Utara Hasdiah dalam laporanya mengutarakan, Forum Germas Sangatta Utara terdiri dari unsur stakeholder kecamatan, 2 UPT puskesmas, kepala desa serta Tim Penggerak (TP) PKK se-Kecamatan Sangatta Utara. Dalam kegiatan kali ini juga diisi dengan senam bersama, cek kesehatan gratis serta gerakan mencanangkan makan buah.

“Forum ini baru saja terbentuk, ke depan kami akan segera menyusun program salah satunya apabila ada event-event yang digelar Germas akan kita gaungkan,” ujarnya.(kopi6/kopi13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here