Beranda Kutai Timur Siapkan Naker Terampil, Pemkab Kutim Apresiasi Inisiasi WDP KPC

Siapkan Naker Terampil, Pemkab Kutim Apresiasi Inisiasi WDP KPC

420 views
0

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Seskab Kutim Zubair saat menghadiri kegiatan program WDP inisiasi KPC bekerja sama dengan SSB dan BLKI Kutim. Foto: Wahyu KPC For Pro Kutim

SANGATTA – Kontribusi nyata kembali dilakukan PT Kaltim Prima Coal (KPC) dalam menningkatkan kualitas tenaga kerja berpengalaman dan mempunyai keahlian mumpuni. PT KPC bekerja sama dengan PT Sanggar Sarana Baja (SSB) dan Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Mandiri Kutai Timur (Kutim) menggelar program Corporate Social Responsibility (CSR) Welding Development Program (WDP). Program ini akan berlangsung mulai 9 November 2022 sampai 30 Januari 2023. 

Pembukaan WDP digelar, Selasa (8/11/2022), pukul 10.00 WITA, di Gedung BLKI Mandiri Kutai Timur (Belakang RSUD Sangatta). Hadir pada acara tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Seskab Kutim Zubair, GM External Affairs and Sustainable Development KPC Wawan Setiawan, Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Disnaker Kutim Jayadi, General Head Corporate Support and HC SSB Rifky Bargah dan Kepala BLKI Mandiri Kutim Abdul Syahid. 

Pada kolaborasi ini, PT SSB bertindak sebagai penyedia trainer, lokasi On the Job Training (OJT), dan runner program WDP. Sedangkan KPC sebagai penyedia peralatan pengelasan dan bahan habis pakai sejumlah Rp 249 juta lebih. Peralatan ini diserahkan kepada BLKI pada saat opening ceremony berlangsung. Sementara BLKI Mandiri Kutim bertindak sebagai tuan rumah kegiatan WDP dan juga penyedia trainer.

Proses seleksi calon peserta telah dilakukan sejak awal September 2022 lalu dan telah menjaring 16 orang pemuda Kutim. Adapun tes yang mereka ikuti antara lain tes tertulis, psikotes, interview dan telah dinyatakan fit untuk bekerja. Peserta WDP berada pada rentang usia produktif antara 18-28 tahun. 

Dalam sambutannya mewakili Pemkab Kutim, Zubair mengapresiasi kepada seluruh pihak yang sudah melaksanakan program ini. Ia pun menyebut kolaborasi tiga pihak ini sebagai kunci terciptanya masyarakat mandiri.

“Kolaborasi ini tentunya sangat mendukung good governance. Ini sudah berjalan saat ini. Kita lihat KPC dan SSB, telah mendukung pemerintah dalam kegiatan WDP ini,” kata Zubair.

Hasilnya ini akan mempercepat pembangunan dan endingnya, tentu saja untuk menciptakan masyarakat mandiri, jadi butuh kolaborasi tiga pihak tadi.

“Saya menyampaikan apresiasi tinggi atas peran KPC dan SSB dalam program WDP ini. 

Atas nama Pemkab Kutim menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada KPC dan SBB. Dan tentu saya ucapkan terima kasih atas perannya mempersiapkan tenaga kerja skill Kutim,” bebernya.

Senada, GM External Affairs and Sustainable Development (GM ESD) KPC Wawan Setiawan menyampaikan, WDP merupakan program pertama kolaborasi antara KPC, SSB dan BLKI Mandiri. Program ini bertujuan memberikan bekal keahlian welding (pengelasan) kepada pemuda Kutai Timur, agar memiliki skill memasuki dunia kerja. 

“Kami (KPC, red) sebagai katalisator pembangunan Kutim, selalu terlibat dalam menyiapkan angkatan kerja yang memiliki skill. Minggu lalu ada sosialisasi Perda Nomor 1/2022, tentang Ketenagakerjaan. Salah satu poin pentingnya tentang  pelatihan untuk angkatan kerja. Ini adalah salah satu implementasi dari Perda Ketenagakerjaan tersebut,” kata Wawan.

Lebih lanjut ia menambahkan program pelatihan tenaga kerja atau dikenal dengan Program Apprentice di KPC, sudah berjalan sejak tahun 2007 di KPC. 

“Program ini telah melahirkan 449 tenaga terampil dan semuanya sudah bekerja. Angkatan terakhir sebanyak 16 orang,” ucapnya. (kopi13/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini