Beranda Kutai Timur Hebat, Batik Padi Enggrang Kutim Juara 2 Dekranasda Kaltim Award 2022

Hebat, Batik Padi Enggrang Kutim Juara 2 Dekranasda Kaltim Award 2022

53 views
0

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kutai Timur Hj Siti Robiah. Foto: Istimewa Pro Kutim

SAMARINDA- Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kutai Timur Hj Siti Robiah sangat bangga dan gembira. Pasalnya Dekranasda Kutim sukses meraih juara 2, di ajang Dekranasda Kaltim Award 2022, yang hasilnya diumumkan Rabu (9/11/2022). 

Tahun ini ada tiga kategori yang dilombakan yakni kategori motif batik, serat alam dan kayu. Dari ketiga kategori tersebut Kutim meraih juara 2 pada pada kategori motif batik. Kutim mengirim batik motif Padi Enggrang oleh Risno Asan Sanjaya. 

Siti Robiah menyatakan saat ini  banyak generasi muda yang menjadi pelaku ekonomi kreatif. Menurutnya, ketertarikan generasi muda untuk menjadi perajin atau pelaku ekonomi kreatif  akan semakin memperkaya khasanah berbagai produk kerajinan asal Kutim.

“Pelaku ekonomi kreatif. Khususnya tenun dan batik, kini banyak didominasi generasi muda. Ini suatu kebanggaan dan aset daerah yang potensial untuk ditingkatkan ke level yang lebih tinggi lagi,” kata Siti Robiah usai pengumuman pemenang Dekranasda Kaltim Award 2022 di Samarinda, Rabu (9/11/2022).

Artinya berbagai produk kerajinan kita akan bisa tetap lestari dan lebih kreatif. Terpenting kata Robiah, para pemenang dari lomba-lomba ini bisa terus dibantu untuk mempromosikan hasil-hasil karya mereka. Jadi tidak berarti setelah juara lalu selesai. Produk-produk jawara itu harus dapat dibantu dipasarkan. Di dalam  maupun luar negeri atau ekspor.

“Para perajin juga harus dapat selalu menjaga kualitasnya dan kontinuitas produk,” harapnya. 

Penilaian dari dewan juri Dekranasda Kaltim Award 2022 dilaksanakan pada 1- 3 November 2022. Dilanjutkan penetapan pemenang oleh dewan juri pada 7 November 2022. Selanjutnya pengumuman pemenang lomba dari masing masing kategori yang telah dikirim ke Sekretariat Dekranasda Provinsi Kaltim.  Terdapat peserta dari kabupaten/kota untuk berbagai kategori yang dilombakan di Dekranasda Award 2022 kali ini. 

“Selamat bagi para pemenang. Tetap berkontribusi di bidang kerajinan masing-masing, Semangat membangun sektor ekonomi kreatif dengan tetap berkontribusi terhadap perkembangan perekonomian di Kutim,” ujar Siti Robiah didampingi Sekretaris Dekranasda Kutim Basuki Isnawan.

Dia juga mengingatkan agar para perajin lebih jeli memanfaatkan e-katalog agar dapat melakukan transaksi digital, bekerja sama dengan Bank Indonesia dan perbankan.

Istri Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman ini juga berpesan agar Dekranasda di semua kecamatan harus mampu menjadi pengayom bagi seluruh perajin di daerah. Agar karya seni budaya Kutim tetap lestari dan bisa menghasilkan pendapatan bagi masyarakat. (kopi4/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here