Beranda Humas Kutim Didukung 5 Kecamatan Pesisir – “Sangsaka” Diperjuangkan Jadi Kabupaten Sangkulirang

Didukung 5 Kecamatan Pesisir – “Sangsaka” Diperjuangkan Jadi Kabupaten Sangkulirang

65 views
0

Deklarasi Kabupaten Sangkulirang , Kamis (28/2/2019) di Gedung Pertemuan Habibie Kecamatan Sangkulirang. (Foto Jani Humas)

SANGKULIRANG – Lima kecamatan pesisir diwilayah “Sangsaka” yakni Sangkulirang, Sandaran, Kaliorang, Kaubun dan Karangan siap mendukung upaya pembentukan Kabupaten Sangkulirang sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB). Berpisah dari daera induk yakni Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Proses pemekaran ini telah mendapatkan dukungan dari lima kecamatan terdiri Sangkulirang sebagai ibukota, dengan Sandaran, Karangan, Kaubun, Kaliorang sebagai bagian dari wilayahnya.

Mewakili perwakilan para camat Sangsaka, Madnuh menyatakan sangat mendukung deklarasi Kabupaten Sangkulirang ini.  Apalagi potensi yang ada disetiap kecamatan sudah siap. Seperti Sumber Daya Manusia (SDM), Sumber Daya Alam (SDA) dan dari sisi infrastruktur pun sudah memadai.

“Jadi tidak ada alasan bagi kami untuk tidak mendukung. Kami sangat mendukung!,” tegas Madnuh yang merupakan Camat Karangan didampingi Camat Sangkulirang Tajuddin dan Camat Sandaran Tahir Pekang ditemui usai Deklarasi Kabupaten Sangkulirang , di Gedung Pertemuan Habibie, Kecamatan Sangkulirang, Kamis (28/2/2019).

Madnuh berharap kedepan, dengan terbentuknya Kabupaten Sangkulirang dapat terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selaku warga asli Sangkulirang, Madnuh menyebut Sangkulirang merupakan salah satu kecamatan yang cukup tua dibandingkan kecamatan lain, khususnya yang sudah dimekarkan menjadi kabupaten baru. Sehingga, sambung dia, apabila memanfaatkan segala potensi dan menjadi DOB, maka tidak diragukan kesejahteraan di wilayah Sangsaka bisa lebih ditingkatkan dimasa datang.

Sementara itu Ketua Pembentukan Kabupaten Sangkulirang, Harbiansyah Hanafiah mengatakan bahwa perjuangan untuk mewujudkan DOB Sangkulirang memang masih panjang, Terlebih telah ada moratorium Pemerintah Pusat yang sudah menghentikan sementara usulan berdirinya Kabupaten/Kota baru di wilayah Indonesia.

“Kami akan berjuang di Pemerintah Pusat, karena wilayah Sangkulirang ini, kami yakini punya potensi ekonomi yang lebih bagus jika dibandingkan dengan Kabupaten/Kota pemekaran sebelumnya di Kaltim,” ujarnya.

Ia berharap dalam kurun waktu beberapa tahun mendatang, Sangkulirang bisa menjadi daerah yang maju dan sejahtera. Kecamatan Sangkulirang merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Kutim dengan luas wilayah 3522,58 km2. Ditahun 2000, Kecamatan Sangkulirang dimekarkan menjadi tiga kecamatan yakni kecamatan Sangkulirang, Kaliorang dan Sandaran. Berikutnya kecamatan sekitarnya dimekarkan lagi, hingga lahir Kecamatan Kaubun dan Karangan.

Deklarasi Kecamatan Sangkulirang turut disaksikan Bupati Kutim H Ismunandar dan Seskab H Irawansyah. Serta sejumlah tokoh asal Sangkulirang seperti H Roesli Masrun, Harbiansyah Hanafiah dan Syarifudin DJ.  Turut dihadiri lima camat Sangsaka yakni Camat Sangkulirang, Karangan, Kaubun, Kaliorang, Karangan dan Camat Sandaran, 44 perwakilan Badan Permusyawaran Desa (BPD) dan juga puluhan Kepala Desa setempat. (hms10)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here