Beranda Pertanian Tingkatkan Potensi Pangan di Sangatta Selatan – Plt Bupati Kutim Turun ke...

Tingkatkan Potensi Pangan di Sangatta Selatan – Plt Bupati Kutim Turun ke Sawah Memupuk Padi

540 views
0

Saat Plt Bupati Kutim Kasmidi Bulang memupuk padi. (Wahyu Tejo Pro Kutim)

SANGATTA – Guna mengantisipasi krisis pangan di Kutai Timur (Kutim), apalagi masa pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, Plt Bupati Kutim Kasmidi Bulang turun ke sawah sekaligus mengenalkan pengembangan produk pertanian, di dusun Mekar Jaya, Desa Sangkima, Sangatta Selatan, (12/8/2020). 

Dalam kegiatan pemupukan pertama lahan padi persawahan Gapoktan Guntung Sejahtera dan diseminasi teknologi kaji terap padi sawah kali ini, Kasmidi ikut menanam dan melakukan pemupukan padi.

Plt Bupati Kutim Kasmidi Bulang mengungkapkan potensi persawahan di beberapa kecamatan wilayah Kutim ini, sangat besar. Seperti halnya areal persawahan di Desa Miau Baru, Kongbeng yang menggunakan peralatan modern, kini mampu swasembada beras. 

“Sangatta Selatan pun harus bisa mengembangkan padi sawah. Untuk mencukupi kebutuhan pangan warga setempat,” kata Kasmidi. 

Ia mengaku bangga dengan program persawahan di Kecamatan Sangatta Selatan. Untuk itu semua pihak terkait ia ajak terlibat untuk memajukan potensi produk pangan, terutama kebutuhan pokok, seperti beras. Tak hanya mengembangkan potensi pangan di Sangatta Selatan, namun juga Sangatta Utara.

Nampak Asisten Perekonomian dan Pembangunan Suroto, Asisten Administrasi Pemerintahan Yuliati, Camat Sangatta Selatan Hasdiah ikut dalam kegiatan ini. Termasuk Sekretaris Disbun M Amin, Sekretaris Disdik Suyatno, unsur mupika, para PPL Sangatta Selatan, perwakilan Stakeholder, tokoh masyarakat dan warga sekitar. 

Sementara itu, Kadis Pertanian, Sugiyono memaparkan lokasi sawah yang tengah dikembangkan Gapoktan Guntung Sejahtera, luasnya mencapai 350 hektare (Ha). Namun yang sudah ditanam baru 256 Ha.

“Belum tergarap semua, karena berkaitan dengan kawasan Taman Nasional Kutai,” ucap Sugiono. 

Ia berharap, tak hanya bantuan bibit dan pupuk, tetap petani pun bisa menggarap sawah dengan lebih modern. Menggunakan peralatan tepat guna untuk melakukan penanaman, maupun panen. Dalam kegiatan pemupukan ini, Dinas Pertanian Kutim bekerja sama dengan produsen pupuk NPK, PT Petrokimia Gresik. Menggunakan pupuk Phonska Plus. (hms7/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here