Beranda Sosial & Kesehatan Peduli Sesama, Wabup Kutim dan Istri Jenguk Dua Tokoh Teluk Pandan yang...

Peduli Sesama, Wabup Kutim dan Istri Jenguk Dua Tokoh Teluk Pandan yang Sakit

113 views
0

Wabup H Kasmidi Bulang dan Istri Hj. Satriani saat menjenguk dua tokoh masyarakat yang sakit di Kutai Timur. Foto: Ist

TELUK PANDAN- Sibuk mendampingi Bupati H Ardiansyah Sulaiman memimpin pemerintahan di Kabupaten Kutim tak lantas membuat Wabup H Kasmidi Bulang tak peduli dengan lingkungan sosialnya. Sebagai bentuk empati, disela-sela waktunya orang nomor dua di Pemkab Kutim tersebut menyempatkan waktu untuk menjenguk dua tokoh masyarakat yang tengah terbaring lemah karena sakit. Satu di Desa Teluk Pandan, Kecamatan Teluk Pandan dan seorang lagi di Teluk Lingga, Kecamatan Sangatta Utara. Kepedulian sosial tersebut dilakukan Kasmidi usai menghadiri peresmian Masjid Asshabirin oleh Bupati Ardiansyah Sulaiman, Sabtu (5/3/2022).

Kasmidi ternyata tak langsung pulang ke Sangatta, namun mampir menjenguk kedua tokoh masyarakat desa setempat. Yaitu Hj Matahari istri dari tokoh masyarakat H Baco Rombe (alm) dan H Andi Mappasereng Anggota DPRD Kutim dari Fraksi Demokrat yang sedang sakit di rumahnya di Desa Teluk Pandan. Saat berkunjung, Kasmidi didampingi Istri tercinta Hj Satriani.

“Mampir dulu menjenguk orang tua kita yang sedang sakit dirumahnya. Ibu Hj Matahari dan H Andi Mappasereng,” kata Kasmidi pamit kepada Bupati Ardiansyah saat keluar dari masjid Asshabirin usai peresmian dan syukuran bersama warga.

Mengendari mobil plat KT 502 R, Kasmidi dan Istri menuju rumah Hj Matahari yang hanya berjarak sekitar 300 meter dari masjid dan berada di tepi jalan Poros Sangatta-Bontang atau Trans Kalimantan tersebut. Tiba di rumah sederhana, nampak disebuah ruangan Hj Matahari sedang terbaring di atas ranjang kecilnya. Wanita paruh baya itu pun berusaha langsung bangun saat melihat kedatangan Wabup dan Istri yang sudah duduk ditemani anaknya. Obrolan ringan seputar pertanyaan bagaimana kondisi sakit Hj Matahari dilontarkan Kasmidi sebagai bentuk perhatian. Demikian pula sang isteri ikut menyemangati wanita tersebut agar bisa segera pulih dan sehat kembali.

“Mampir ke sini menjenguk bu Matahari istri almarhum pak Haji Baco Rombe. Almarhum dan keliarga ini sangat berperan terhadap syiar agama Islam di Teluk Pandan. Dengan mewakafkan tanahnya untuk lokasi pembangunan masjid Asshabirin yang tadi diresmikan pak Bupati,” sebut Kasmidi. “Kita do’akan beliau dan semua orang tua kita disini, semoga selalu diberikan kesehatan oleh Allah Subhannahu wa Ta’ala (SWT),” tambah Kasmidi seraya mendoakan.

Menurut Wabup, H Baco Rombe (alm) memang begitu dihormati dan dituakan di Kecamatan Teuk Pandan karena peran sosialnya di masyarakat. Berkat almarhum dan keluarga juga, Teluk Pandan terus berkembang. Dulunya hanya sebuah tempat istirahat warga, karena masih area Taman Nasional Kutai (TNK). Tidak boleh ada warga bermukim. Namun perjuangan H Baco Rombe (alm) kampung di Teluk Pandan sekarang menjadi sebuah kecamatan.

“Beliau patut kita hormati, hargai atas kontribusinya untuk daerah dan agama,“ ujar Kasmidi yang bersilaturahmi di tempat tersebut kurang lebih sekitar 20 menit.

Rahmansyah, anak ketiga dari lima saudara H Baco Rombe mengaku sangat berterima kasih kepada Wabup dan Istri yang sudah menyempatkan waktunya singgah melihat orang tuanya yang sedang sakit. Menurut dia, sosok Kasmidi sejak dulu telah dianggap anak sendiri oleh orang tuanya. Kemudian ia pun menganggap Kasmidi layaknya saudara sendiri.

“Beliau dianggap anak dan kami anggap pak Wakil Bupati saudara sendiri. Karena ayahnya itu, Pak Bulang sejak tahun 80-an sudah sama-sama ayah kami Baco Rombe seperti saudara sendiri. Jadinya sampai sekarang seperti anak dan saudara sendiri,” jelas Rahmansyah.

Rahmansyah mengaku keluarganya selalu siap mewakafkan tanahnya kapan saja, jika masjid (Asshabirin) akan dikembangkan pengurus, sesuai amanah orang tuanya.

Usai mengunjungi istri (alm) H Baco Rombe, Kasmidi dan Istri lantas melanjutkan kunjungannya ke rumah H Andi Mappasereng yang terletak di RT 04 Teluk Lingga.

Di rumah H Andi Mappasereng yang juga anggota DPRD Kutim Periode 2019-2024 dari Fraksi Demkrat ini, Wabup didampingi Istri Hj Satriani, memberikan semangat. Sambil memegang beberapa bagian tubuh Andi Mappasereng yang terbaring di ruang keluarga.

“Saya mengajak kita semua dan masyarakat mendoakan Pak Andi Mappasereng lekas sembuh. Beliau selain Anggota DPRD (Kutim) yang sangat dihormati di Teluk Pandan. Beliau juga pernah dua periode menjadi kepala desa dan banyak pengabdiannya,” ujar Kasmidi dan membuat Andi Mappasereng meneteskan air mata haru.

Istri Andi Mappasereng Hj Hasmawati yang menerima kedatangan Wabup dan istri, merasa sangat senang dan bahagia dikunjungi orang nomor dua di Pemkab Kutim tersebut.

“Saya senang sekali pak Kasmidi dan ibu Tira datang melihat orang tuanya (Andi Mappasereng) yang sedang sakit. Mudahan bapak cepat sembuh dan bekerja lagi,” harap Hasmawati. (kopi8/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here