Beranda Kutai Timur Bazar Sangatta Fair Bangkitkan Perekonomian

Bazar Sangatta Fair Bangkitkan Perekonomian

81 views
0

SANGATTA – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) terus mendorong berbagai upaya untuk pemulihan ekonomi, termasuk dengan mempersiapkan peningkatan daya saing Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di tengah pandemi COVID-19. Kali ini, Bazar Sangatta Fair hadir sebagai upaya mendorong pemulihan ekonomi di Kota Sangatta. Kegiatan itu dibuka langsung oleh Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman di halaman Pasar Induk Sangatta (PIS), pada Minggu (12/6/2022) malam. 

Kesemarakan kegiatan ini turut dihadiri Wakil Ketua  2 DPRD Kutim Arfan, Dandim 0909 Letkol CZi Heru Aprianto, Ketua TP PKK Ny Hj Siti Robiah, Kadispar Kutim Dr Nurullah, perwakilan OPD dan masyarakat sekitar yang antusias. 

Bupati Ardiansyah Sulaiman mengatakan kehadiran bazar ini merupakan upaya Pemkab bersama salah seorang pemuda bernama Dimas Dimiyati sebagai penggagas kegiatan pemulihan ekonomi ini. Berupaya membangkitkan industri kreatif melalui UMKM pascapandemi COVID-19. 

“Allhamdulilah mulai malam ini terlaksana (Bazar Sangatta Fair),” kata Ardiansyah. 

Lebih jauh dia mengatakan, beberapa waktu ke depan ada pula Pesta Pantai Sekerat dan bakal menghadirkan UMKM melalui koordinasi Dimas. Setelah itu ada Pesta Sangkulirang mengusung tema budaya pada Agustus mendatang, kemudian pesta di Teluk Kaba. Ia menerangkan Kutim adalah “magic land” yang artinya daerah terindah, namun banyak yang tak menyadarinya. Untuk itu, ia menegaskan mulai tahun depan akan kembali digelar pesta adat, pesta budaya dibeberapa tempat yang menghadirkan UMKM guna menggairahkan kembali perekonomian di Kutim.

“Agar dapat mempromosikan wisata dengan harapan setelah pandemi, ekonomi kerakyatan akan bangkit,” ucap lelaki kelahiran 5 Februari 1964.

Ardiansyah mengucapkan syukur, sebab pedagang yang hadir bukan hanya dari Kutim, namun ada dari Samarinda, Bontang dan Kukar. Terakhir, dia berharap industri kreatif ini terus berkembang. Masyarakat terpacu untuk kembali bergerak melakukan perputaran ekonomi. 

Sebelumnya, Dimas Dimiyati sebagai Event Organizers sekaligus Ketua Panitia Bazar Sangatta Fair menyampaikan, kegiatan ini dihelat untuk pemulihan ekonomi kerakyatan usai pandemi COVID-19. Bazar Sangatta Fair berlangsung 12-19 Juni 2022, diikuti puluhan pedagang. Ada pula yang berasal dari Kukar, Samarinda, Bontang, Handil dan Kota Sangatta. 

“Terima kasih Bapak Bupati dan semua pihak yang telah mengizinkan beraktifitas dan mengajak teman UMKM untuk menggeliatkan ekonomi di Kota Sangatta ini,” imbuhnya. (kopi7/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here