Beranda Kutai Timur Upacara HUT ke-77 RI di Kutim Lancar dan Sukses !

Upacara HUT ke-77 RI di Kutim Lancar dan Sukses !

119 views
0

Bupati H Ardiansyah Sulaiman bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam HUT ke-77 RI di Kutim. (Wahyu Yuli Artanto Pro Kutim)

SANGATTA – Cuaca cerah mengiringi pelaksanaan upacara puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke 77 Republik Indonesia (RI) tingkat Kabupaten Kutai Timur (Kutim) yang dipusatkan di Halaman Kantor Bupati, Komplek Pusat Perkantoran Pemkab di Bukit Pelangi, Rabu (17/8/2022) pagi. Nampak di barisan peserta upacara berbaris rapi di lapangan terdiri dari unsur TNI-Polri, Satpol PP, Personel Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, ASN yaitu PNS dan TK2D Pemkab, organisasi kemasyarakatan, mahasiswa beberapa kampus dan siswa perwakilan sekolah.

Di panggung kehormatan berdiri tegap Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman bertindak sebagai Inspektur Upacara. Para pejabat teras lingkup Pemkab seperti Wakil Bupati H Kasmidi Bulang, Ketua DPRD Kutim beserta beberapa anggota legislatif, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta hampir seluruh pejabat struktural dan fungsional hadir di kursi undangan. Berikutnya Pemkab juga mengundang unsur tokoh masyarakat, pemuda, agama serta lainnya. Seluruhnya tampak khidmat mengikuti seluruh rangkaian prosesi upacara detik-detik proklamasi dan pengibaran duplikat sang merah putih di bawah tenda bernuansa merah dan putih. Serta dihiasi beberapa untaian lengkung janur di ujung atas tenda bagian depan.

Upacara dimulai sejak pukul 09.30 WITA sedangkan detik-detik proklamasi yang ditandai dengan bunyi sirene dilakukan tepat pada pukul 10.00 WITA. Pembacaan teks proklamasi dilakukan Ketua DPRD Kutim H Joni. Berikutnya mengheningkan cipta dipimpin Inspektur Upacara. Kepala Kementerian Agama Kutim H Mulyadi bertugas membacakan doa dalam upacara yang turut dihadiri beberapa anggota veteran pejuang kemerdekaan.

Di lapangan upacara, bertindak sebagai Komandan Upacara Pjs Palaksa Lanal Sangatta Kapten Laut (Teknik) Didik Irwijanto. Sedangkan untuk pembawa bendera diamanahkan kepada Firda Mar Atus Solihah. Merupakan siswa asal SMA Negeri 2 Sangata Utara didampingi Paskibraka lainnya. Di iringi pasukan berjumlah 48 yang terdiri dari unsur TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Kepolisian.

Prosesi pengibaran sang Merah Putih berjalan lancar tanpa hambatan. Diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya hingga ujung tiang tertinggi dan penghormatan dari seluruh yang hadir. Selama kegiatan Waditra Prima Sangatta bertugas Koprs Musik (KORSIK) Pengiring Upacara Bendera. Paduan Suara Prima School kebagian tugas membawakan beberapa lagu nasional.

Pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ke 77 ditutup dengan penampilan apik antraksi baris berbaris atau PBB Kreasi dari pelajar asal SMKN 2 Sangatta Utara yang merupakan binaan dari Lanal Sangatta.

Setelah upacara Bupati, Wabup serta seluruh pejabat yang ada memberi ucapan selamat seluruh anggota Paskibraka Kutim di belakang panggung kehormatan. Kemudian berfoto bersama secara bergantian. (kopi6/kopi3).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here