Beranda Kutai Timur Ini Dia Rencana Aksi Pemkab Kutim Antisipasi Tingginya Inflasi

Ini Dia Rencana Aksi Pemkab Kutim Antisipasi Tingginya Inflasi

144 views
0

Focus Group Discussion (FGD) di ruang Meranti Kantor Bupati, Rabu (14/9/2022). (Vian Pro Kutim)

SANGATTA- Mengantisipasi dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) bersama unsur Forkopimda, beberapa OPD dan Pertamina menggelar Focus Group Discussion (FGD) di ruang Meranti Kantor Bupati, Rabu (14/9/2022). 

Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Zubair yang memimpin jalannya FGD menyebut, ada beberapa rencana aksi yang akan diambil Pemkab Kutim bersama Forkopimda. Dalam mengendalikan dampak inflasi akibat naiknya harga BBM beberapa waktu lalu. 

“FGD ini dilaksanakan untuk meminta masukan, saran dari stakeholder yang terkait dengan rencana aksi guna mengendalikan inflasi yang tinggi. Daerah sudah diberi keleluasaan menyusun strategi. Sehingga mengajak seluruh pihak baik unsur forkopimda, OPD, Pertamina, Forum Umat Beragama dan pengurus (Multi Stakeholder) Corporate Social Responsibility (CSR) duduk bersama mencarikan solusi, “jelas Zubair. 

Terkait arahan Pemerintah Pusat ke setiap Pemda untuk mengalokasikan 2 persen dari dana alokasi umum (DAU), Zubair menjelaskan bahwa dana tersebut adalah penyesuaian anggaran yang akan diprioritaskan untuk sektor yang paling berdampak dari inflasi ini. Terutama untuk sektor UMKM, transportasi dan pertanian. 

“Mekanisme penyalurannya kita akan diskusikan dengan OPD terkait, bagaimana regulasinya, kategori yang berhak mendapatkan serta besaran subsidinya. Jangan sampai salah sasaran,” tegasnya. 

Zubair menekankan bahwa inflasi yang tinggi menjadi momok yang sangat ditakuti setiap negara. Karena implikasinya berdampak ke seluruh sektor. Makanya harus dikendalikan. Sebab jika tidak, bisa merembet ke semua sendi perekonomian.

Dari hasil FGD ini ada beberapa langkah yang akan diagendakan dalam rencana aksi mengendalikan laju inflasi di Kutim. Diantaranya  pengawalan dan pengawasan pendistribusian di SPBU yang dilaksanakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan bersama jajaran Polres Kutim, Kodim dan Lanal Kutim. Kemudian inspeksi mendadak (sidak) ke distributor barang, operasi pasar murah, pengawasan penyalahgunaan dan penimbunan BBM. Pemanfaatan pekarangan rumah untuk komoditas sayuran, perilaku hidup hemat, optimalisasi penggunaan transportasi dan pendaftaran bagi konsumen pertalite di portal subsiditepat.mypertamina.id sejak awal Juli 2022 oleh PT Pertamina. (kopi4/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here